Erlangga: Perkuat Pembinaan Atlet Upaya Bentuk SDM Tangguh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Apr 2021 14:35 WIB

Erlangga: Perkuat Pembinaan Atlet Upaya Bentuk SDM Tangguh

i

KONI Jatim melakukan penandatangan MoU dengan beberapa stakeholder dalam Rakerprov KONI Jatim secara virtual, Kamis (8/4). SP/KONI JATIM

SURABAYAPAGI,Surabaya - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa stakeholder dalam Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Jatim secara virtual, Kamis (8/4).

Beberapa universitas adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Hang Tuah Surabaya, Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Universitas Jember, Universitas Narotama Surabaya, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Surabaya (Ubaya), dan Universitas Dinamika Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Penandatanganan MoU juga dilakukan RS Al Irsyad, RS Mitra Keluarga Kenjeran. Lalu Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim, dan SMA Negeri Olahraga (Smanor) Sidoarjo.

Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung menyampaikan, penandatanganan MoU ini sangat penting dalam pembinaan atlet yang tak hanya melulu berkaitan dengan prestasi olahraga, tapi juga membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.

“Ini sangat penting tidak hanya bagi KONI tapi bagi kita semua. Apalagi Pak Jokowi beberapa waktu lalu sudah menginstruksikan pada Menpora untuk melakukan perombakan mendasar terhadap pembinaan olahraga di Indonesia,” kata Erlangga.

Bukan sekadar sehat jasmani, bukan sekadar mencari medali, bukan sekadar mencari badan bugar. “Tetapi ini upaya pembentukan SDM tangguh,” sambungnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim itu menjelaskan, olahraga paling efektif dalam membentuk SDM yang berkarakter. Sebab, membentuk atlet terdapat empat pilar penting, yaitu melatih kedisiplinan, melatih menghormati lawan, menghormati orang tua (pelatih), berperilaku sportif, dan menjauhkan dari hal-hal negatif.

Menurut Erlangga, hal tersebut sudah dicontohkan oleh banyak negara maju. Sebab, kemajuan negara ditentukan oleh kualitas SDM yang ada. Dia pun memberi contoh negara yang dikunjungi pemerintahnya membuat kebijakan luar biasa, bahwa tidak ada kata mahal untuk olahraga.

“Terbukti SDM-nya tidak sekadar ahli di olahraga, tapi sektor lain juga sangat maju. Karena banyak negara berpendapat, ke depan generasi muda yang kita kenal sebagai kaum milenial ini sesuai dengan survey hanya bisa menerima sektor olahraga untuk masuk ke dunia mereka. Karena dari hasil survey kalangan milenial kalau tidak diberi sangu masalah nasionalisme dan masalah patriotisme akan jadi generasi mengkhawatirkan,” jelasnya.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Lebih-lebih di Jatim, yang semakin lengkap dengan konsep sport science yang membentuk atlet sesuai dengan data.

Namun, ia sadar semua ini tak akan terlaksana jika dilakukan sendiri. Sebab, pengembangan olahraga membutuhkan bantuan dari sektor lain.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU