DPC Partai Gerindra Sidoarjo Buka Posko Kesehatan Bantu Warga Isoman Covid-19

Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad saat membuka posko kesehatan Partai Gerindra Sidoarjo. SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Menekan penyebaran Covid-19 dan ikut membantu masyarakat memperoleh layanan Isoman penyembuhan covid-19, DPC Partai Gerindra Sidoarjo membuka posko kesehatan covid-19 di Jl Kartini Sidoarjo sebagai fasilitas isolasi mandiri (isoman), Sabtu (31/7/2021).

Posko yang peresmiannya dilakukan Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad memiliki 20 bad untuk menampung warga yang terpapar Covid-19 gejala ringan (OTG).

Inisiatif ini dilakukan mengingat kapasitas BOR (Bed Ocupancy Rate) di Sidoarjo yang mulai menipis karena penuh dengan pasien. Ada 20 bed yang telah disiapkan di posko kesehatan ini.

Ikut hadir pada peresmian ini, H.Rahmat Muhajirin SH anggota DPR RI Fraksi Gerindra dan istrinya Hj Mimik Idayana anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, M.Kayan Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo bersama jajaran pengurus, serta mayoritas anggota Fraksi Gerindra DPRD Sidoarjo.

Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengharapkan agar fasilitas itu bisa membantu warga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari klaster keluarga.

Anwar Sadad juga turut mengapresiasi berdirinya posko kesehatan itu dan disebutkannya sebagai tempat istimewa bagi warga yang tengah menjalani proses penyembuhan dari Virus Covid-19.

"Posko kesehatan ini saya sebut istimewa karena fasilitasnya sangat lengkap. Mulai dari ketersediaan bed, vitamin, obat, makanan, ambulans sampai oksigen juga ada. Kita acungi jempol untuk posko kesehatan milik DPC Partai Gerindra Sidoarjo, posko seperti ini tidak dimiliki DPC Gerindra lain di Jatim, Salut untuk DPC Gerindra Sidoarjo," ujar Anwar Sadad.

Selain bisa menjadi lokasi isoman, masyarakat Sidoarjo juga bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk konsultasi kepada tenaga medis yang ada di lokasi.

Menurut wakil ketua DPRD Jawa Timur ini, sesuai intruksi dari Prabowo Subiyanto ,jajaran partai Gerindra Jawa Timur memang bergerak serentak turut memerangi penyebaran virus covid-19. Baik itu melalui gerakan posko kesehatan hingga nanti kegiatan vaksin bersama.

“Kita ingin bersama-sama pemerintah menanggulangi penyebaran virus ini dengan berbagai kegiatan nyata,” jelas Anwar Sadad.

Lebih lanjut Anwar Sadad menambahkan, DPD Gerindra Jawa Timur juga membentuk Unit Relawan Lawan Covid19 (URLC) sebagai upaya melayani dan membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19. Baik itu melalui gerakan posko kesehatan hingga kegiatan vaksin bersama.

Rahmat Muhajirin anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra juga mengapresiasi berdirinya posko kesehatan Covid-19 ini. Ia berharap, posko ini bisa dimanfaatkan maksimal oleh seluruh masyarakat Sidoarjo yang sedang isoman. "Kita memang diperintah DPP Partai Gerindra untuk bahu membahu mulai dari anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota untuk membantu masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan membuka layanan posko kesehatan," katanya.

Ini sinyal positif, dimana masyarakat bisa mulai mendapat fasilitas kesehatan secara gratis. Dan saya harap ini bisa dimanfaatkan betul agar secepatnya keluar dari masa Pandemi Covid-19, kata Rahmat Muhajirin.

Ketua DPC Partai Gerindra Sidoarjo M Kayan menambahkan, bahwa pendirian posko kesehatan ini sudah koordinasi dengan Dinkes serta Puskesmas Kota Sidoarjo yang siap menerima pasien Covid-19 gejala ringan. "Kita sudah siapkan tenaga medis dan relawan untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19," kata Kayan.

Selain membuka posko kesehatan, DPC Partai Gerindra Sidoarjo juga melakukan penyemprotan disentifektan di area pemukiman penduduk sekitar posko. "Kita lakukan penyemprotan secara menyeluruh, sehingga warga sekitar bisa tterhindar dari virus Covid-19," tegasnya. sg