DP2KB dan Insan GenRe Kab Malang Siap Support Pengmas FKM UNAIR

Koordinasi Kegiatan Pengmas FKM UNAIR dengan DP2KB Kabupaten Malang

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Kabupaten Malang menjadi sasaran kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga yang diketuai oleh Muthmainnah, S.KM., M.Kes dengan anggota tim Dr. Lutfi Agus Salim, SKM., M.Si dan Yuly Sulistyorini, SKM., M.Kes. Judul pengmas ini adalah “Penguatan Program GenRe Era Pandemi Covid-19 dalam Upaya Pencegahan Kehamilan Remaja di Kabupaten Malang”. Kegiatan  pengmas ini berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan remaja dalam upaya pencegahan perilaku berisiko remaja di era pandemi. 

Kegiatan dilakukan secara bertahap melalui pengembangan media promosi kesehatan remaja yang tepat di era pandemi. Selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan Bulan Juli 2021 ini. Senin, 21 Juni 2021 tim pengmas FKM UNAIR berkolaborasi dengan Kepala DP2KB dan Duta GenRe. Mitra sudah siap mendukung pelaksanaan pengma tahun ini melalui pemilihan lokasi pengmas, undangan pengmas dan perlengkapan pengmas. Kegiatan pengmas akan dilakukan melalui offline dan online. Pastinya kegiatan offline dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tujuan pelatihan offline tidak hanya meningkatkan pengetahuan Duta GenRe tetapi juga peningkatan skill Duta GenRe dalam melakukan edukasi, konseling, pengukuran antropometri” (paparan Muthmainnah). 

Kepala DP2KB Pak Rofiq menegaskan “Tim saya siap mendukung keberhasilan dan melanjutkan program pengmas ini. Kami sangat terbantukan dengan kolaborasi dengan FKM UNAIR ”

Hal ini dikarenakan kegiatan pengmas FKM UNAIR tahun ini mengembangkan media promkes digital yang sesuai dengan kebutuhan remaja saat ini. Media tersebut adalah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini dapat digunakan untuk penguatan program GenRe di era pandemi.

“Media promkes ini sangat membanggakan bagi kami. Dengan aplikasi ini akan memudahkan jangkauan Pendidikan reproduksi di daerah-daerah pelosok.” Harapan yang disampaikan Ir. Aunur Rofik terkait adanya aplikasi promkes remaja berbasis playstore. 

Dalam kerja sama ini, Ir. Aunur Rofik menyampaikan bahwa peran dari DPPKB adalah sebagai fasilitator dalam menyebarluaskan informasi di masyarakat.

“Peran kami itu adalah bagaimana mengimplementasikan apa yang dikonsep FKM Unair, kami bisa mengoptimalkan dalam pelaksanaanya, memfasilitasi penyebarannya di masyarakat” jelasnya. 

Beliau menambahkan “Dengan kesempatan ini kami sangat bangga dan mengapresiasi sekali. Dari sektor akademisi kan lebih spesifik pada hal-hal yang sifatnya bagaimana bisa mengimplementasikan di dunia pendidikan, dan kami sebagai pelaksana ada tolak ukur, sehingga ada keseimbangan. Ketika kami melakukan sendiri tanpa fkm unair, dari sektor-sektor literasi kami sangat terbatas sekali.”

Semoga kegiatan pengmas ini terlaksana dengan baik dan dapat menguatkan skill Duta GenRe sebagai peer educator.hms