Distribusi Barang di Pelindo III Selama 2020 Capai 284 Juta GT

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 19 Feb 2021 18:04 WIB

Distribusi Barang di Pelindo III Selama 2020 Capai 284 Juta GT

i

Caption: Aktivitas bongkar muat arus barang di terminal Berlian. SP/Sem

 SURABAYAPAGI, Surabaya - Arus distribusi barang di Pelindo III selama tahun 2020 menunjukan angka positif.

Direktur Utama Pelindo III melalui VP Corporate Communications Pelindo III R. Suryo Khasabu menyampaikan, kunjungan kapal pada tahun 2020 mencapai 284 juta gross tonnage (GT) atau sekitar 98 persen.

Baca Juga: Pemudik Via Kapal Laut Diprediksi Capai 1,4 Juta, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal

"Kegiatan distribusi barang di Pelindo III menggunakan jalur laut tetap berjalan lancar walaupun ada pandemi covid-19," kata Suryo Khasabu saat dihubungi melalui saluran telepon, Jumat (19/02/2021).

Terkait kinerja operasional Pelindo III kata Suryo, sepanjang tahun 2020 mencapai 65 juta ton atau 95 persen dari target. Untuk barang kemasan mencapai 2,7 juta M3 atau sekitar 117 persen dari target. Sementata untuk arus distribusi gas tercatat sebanyak 11,5 juta MMBTU atau 102 persen dari target.

"Jadi selama tahun 2020, kinerja operasional Pelindo III menunjukan angka yang positif," ucapnya

Musabab pencapaian tersebut adalah adanya penerapan sistem yang berbasiskan teknologi. Disamping itu, 5 prioritas sebagai pedoman yang telah ditetapkan kementerian BUMN pun diperhatikan.

Baca Juga: Dorong Pertumbuhan UMKM di Masa Pandemi, Pelindo Berikan 3,2 Miliar Pinjaman Modal

Adapun 5 prioritas tersebut diantaranya adalah prioritas Nilai Ekonomi dan Sosial untuk Indonesia, Inovasi Model Bisnis, Kepemimpinan Teknologi, Peningkatan Investasi, dan Pengembangan Talenta.

"Penggunaan teknologi selain memudahkan pengguna jasa juga dapat meminimalkan kontak langsung sehingga mengurangi risiko tertular covid-19 di masa pandemi ini," katanya

Selain itu adanya sejumlah insentif dan kebijakan yang mengedepankan manfaat tanpa melihat sisi keuntungan bisnis pun dilakukan oleh perusahaan plat merah ini.

Baca Juga: Gerak Masif Pelindo Regional 3 Perangi Pungli di Wilayah Pelabuhan

Salah satu contohnya adalah memperpanjang masa penumpukan petikemas ekspor dan impor dari semula 3 hari menjadi 7 hari. 

"Petikemas ekspor dapat masuk ke terminal 5 hari sebelum kedatangan kapal dari sebelumnya 3 hari sebelum kapal datang. Juga diskon tarif terminal handling charge (THC) sebesar 35 persen bagi petikemas transhipment," jelasnya

Suryo berharap tahun 2021, kinerja operasional Pelindo III dapat terus dipertahankan sehingga dapat membantu pemerintah dalam memperbaiki perekonomian nasional.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU