Dinkop dan UK Sumenep Gelar Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Nov 2021 18:19 WIB

Dinkop dan UK Sumenep Gelar Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UMKM

i

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) . SP/AR

SURABAYA PAGI,Sumenep -  Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro (UK) Kabupaten Sumenep kembali menggelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sumenep, Drs. H. Sustono, MM, M.Si. mengungkapkan, jika para pelaku usaha khususnya UMKM sangat penting memiliki pengetahuan dalam mengelola usahanya dengan baik, mulai dari penataan manajemen, pemasaran hingga melakukan komunikasi bisnis yang handal di era digital saat ini.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

"Para pelaku UMKM sangat penting memiliki pengetahuan sesuai dengan usaha yang digelutinya. Karena itu diperlukan Pendidikan dan pelatihan bagi mereka agar dapat meningkatkan pemasaran usahanya dan mampu mengakomodir permintaan pasar, “ujarnya Sustono, pada Pembukaan Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis bagi UMKM di KPRI serba Usaha, Jumat (19/11/2021) kemarin.

Menurutnya,  para UMKM sudah selayaknya memiliki pengetahuan yang benar, sehingga akan mudah menciptakan produk bernilai jual tinggi, menentukan harga, serta mengkomunikasikan penawaran harga yang bernilai.

Karena itu, pihaknya sejak beberapa tahun terakhir melaksanakan Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis bagi UMKM yang dilaksanakan secara berjenjang sesuai dengan usaha maupun pengembangan UKMM dalam melaksanakan pengelolaan usahanya. Dan yang terpenting pula nantinya dapat berkontribusi bagi perkembangan usaha khususnya UMKM di Kabupaten Sumenep. 

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

IMG-20211121-WA0033IMG-20211121-WA0033

Sementara Pj Kepala Bidang Fasilitasi Pembiayaan Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro kabupaten Sumenep, Lisa Bertha Soetedjo SS, M.Ak, menjelaskan melalui Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis Bagi UMKM  tersebut diharapkan akan dapat memberikan pemahaman kepada pelaku usaha serta bagaimana cara menjalankan dan mengembangkan usaha di era digital. Sehingga, usaha atau bisnis UMKM bisa tetap eksis dan tetap bisa bersaing sesuai perkembangan jaman.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

 “Kami memfasilitasi mereka para pengusaha UMKM di Sumenep agar memiliki kemampuan dalam mengelola usahanya dan bisa berkembang serta dapat meningkatkan kesejahteraan,”tandasnya.   

Sedangkan kegiatan Diklat Manajemen Pemasaran dan Komunikasi Bisnis yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 19-20 November 2021 tersebut  menghadirkan salah seorang mentor Yuli Andayani, SS, MM dari Transformasi Madani Indonesia (TMI) yang bergerak di bidang Pelatihan dan Pengembangan Bisnis asal Malang serta Evi Febriani, M.Psi, akademisi  yang juga salah seorang konsultan Sumenep owner (Eviera Permata Consultant (EPC) Madura.(Ar)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU