Covid-19, Ekonomi Desa Harus Bangkit Melalui BUMDes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 09 Mei 2021 17:57 WIB

Covid-19, Ekonomi Desa Harus Bangkit Melalui BUMDes

i

Bupati Yes saat menunjukan hasil produk warga desa di wilayah Kecamatan Pucuk. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Meski kondisi covid-19 masih belum juga hilang, namun kebangkitan ekonomi desa jangan kendor dan harus terus bergerak, salah satunya melalui BUMDes, karena itu menjadi salah satu pilar kebangkitan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Yuhronur Efendi, saat meresmikan Gedung BUMDes Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan belum lama ini.

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

Menurutnya saat ini terdapat dua hal yang harus dihadapi yakni pandemi Covid 19 dan turunnya pertumbuhan ekonomi. Karena menurutnya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lamongan sebelumnya mencapai 5,5% dan saat pandemi turun menjadi -2,65%. 

"Hal tersebut membuat kita harus berusaha menggeliatkan perekonomian khususnya industri kecil menengah (IKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Salah satunya melalui BUMDes” ungkap Bupati Yes.

Baca Juga: OJK Ajak Perempuan Raih Kesejahteraan Finansial

Bupati Yes juga mengungkapkan bahwa BUMDes mempunyai peran sebagai fasilitasi pemasaran produk hasil IKM dan UMKM, berperan penting dalam perputaran uang masyarakat yang selanjutnya melalui multiplier effectnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi.

Oleh karenanya bupati juga selalu mendukung kegiatan ini sebagai salah satu solusi menggairahkan perekonomian Kabupaten Lamongan. Dan pada kesempatan yang sama bupati selalu berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap melaksanakan protokol Kesehatan, dan patuh pada himbauan pemerintah pusat untuk tidak melakukan mudik lebaran.

“Kabupaten Lamongan telah masuk zona kuning meskipun begitu protokol Kesehatan harus tetap dilaksanakan jangan sampai momen lebaran membuat kita lengah karena Covid 19 masih ada,” Harap Bupati Yes.

Baca Juga: KKP Dorong Ratusan UMKM Naik Kelas

Setelah meresmikan Gedung BUMDes Kecamatan Pucuk, Bupati YES bergeser ke Kecamatan Solokuro untuk bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU