Covid, PWI Lamongan Gelar Baksos Terpadu

Warga saat memanfaatkan layanan perizinan secara gratis. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan  - Masa pandemi covid yang tak kunjung hilang, membuat wartawan Lamongan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terpanggil untuk terus berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat, dengan menggelar baksos terpadu di Desa Wanar Kecamatan Pucuk Lamongan, Selasa (26/1/2021).

Baksos terpadu kali ini, PWI menggandeng Polres Lamongan, Pemkab dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perijinan dan Penanaman Modal satu pintu dan Dinas Kesehatan. Layanan terpadu ini mendapat apresiasi dari warga setempat, yang tetap menggunakan protokol kesehatan (Prokes), memakai masker, mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Baksos dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 seperti disampaikan oleh 

Bachtiar Febrianto yakni pelayanan kesehatan gratis, pengurusan surat kependudukan, dari Kartu Identitas Anak (KIA) hingga KTP bisa dilayani secara  cepat dan gratis  di tempat tersebut. Kegiatan ini atas kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lamongan.

Disamping itu warga Desa Wanar juga dimanjakan pengurusan surat izin. Mulai surat izin usaha IUMK, SIUP, TDP dan beberapa perizinan lainnya. Kegiatan ini atas kerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lamongan.

Disebutkan olehnya, kegiatan baksos terpadu ini untuk membantu meringankan penduduk di tengah pandemi Covid - 19. Dengan baksos ini, warga yang membutuhkan bisa  mengikuti pelayanan kesehatan, pengurusan surat kependudukan dan surat izin. "Semua dilakukan secara gratis dan mudah - mudahan bermanfaat," katanya.

Pada kesempatan itu Camat Pucuk Deddy Dian Ali mengingatkan warganya untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid -19. Bagaimanapun juga, lanjut dia, Covid -19 masih menjadi ancaman. 

Diperpanjangnya masa masa PPKM dari tanggal 11 - 25 / 1 menjadi 8 /2/2021, katanya, membuktikan bila kondisi masih belum aman. "Makanya mari kita patuhi protokol kesehatan, bkar kondisinya cepat normal seperti sedia kala," katanya.

Disamping dihadiri Ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto dan Camat Pucuk Deddy Dian Ali acara ini juga dihadiri Humas Polres Lamongan Iptu Estu Kwindardi.

Disamping gelar Baksos Terpadu, serangkaian peringatan HPN 2021 dan HUT PWI, panitia juga gelar lomba karya tulis populer, gelar penghijauan bersama PWI Jatim dan ditutup dengan tasyakuran. jir