China Luncurkan Penyelamatan Hujan Badai Henan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Jul 2021 13:45 WIB

China Luncurkan Penyelamatan Hujan Badai Henan

i

Banjir terlihat di Desa Longtou, Kota Dengfeng di Provinsi Henan, Tiongkok tengah. SP/ CH

SURABAYAPAGI.com, China - Pihak berwenang China telah meluncurkan upaya penyelamatan dan bantuan besar-besaran sebagai tanggapan atas rekor badai hujan yang telah membanjiri Provinsi Henan di China tengah sejak akhir pekan, menyebabkan banyak wilayah terendam air dan sedikitnya 25 orang tewas, Jumat (23/7/2021).

Di ibu kota provinsi Zhengzhou, curah hujan 617,1 mm turun selama periode tiga hari mulai Sabtu malam, mendekati jumlah rata-rata tahunan kota.

Kota ini mencatat rekor tingkat curah hujan per jam sebesar 201,9 mm mulai pukul 4 sore. Selasa. Kota ini juga memecahkan rekor curah hujan satu hari, mencapai level tertinggi pada catatan cuaca lokal.

Sejauh ini, total 25 orang telah tewas dan tujuh lainnya dilaporkan hilang dalam hujan lebat di Zhengzhou. Di seluruh provinsi, lebih dari 1,24 juta orang telah terkena dampak dan sekitar 164.710 orang dipindahkan ke tempat yang aman.

Upaya penyelamatan dan bantuan besar-besaran sedang dilakukan untuk mengatasi dampak hujan deras yang berkepanjangan.

Presiden Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China dan ketua Komisi Militer Pusat, menuntut agar pihak berwenang di semua tingkatan harus memberikan prioritas utama untuk mengamankan keselamatan dan harta benda rakyat, dan harus dengan hati-hati dan tegas menerapkan banjir. tindakan pencegahan dan penanggulangan bencana.

Xi juga memerintahkan pihak berwenang di semua tingkatan untuk segera mengatur pencegahan banjir dan pasukan bantuan bencana, mengakomodasi dengan baik mereka yang terkena dampak, secara ketat mencegah bencana sekunder, dan meminimalkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Peneliti meteorologi mengatakan malapetaka itu akibat kondisi cuaca ekstrem. Medan di pegunungan Taihang dan Funiu di Henan mengangkat udara timur, menyebabkan hujan lebat terus berlanjut di daerah pegunungan barat dan barat laut Henan.

Banjir dan hujan juga mempengaruhi layanan kereta api dan penerbangan. Dengan peringatan merah untuk penundaan penerbangan mulai pukul 8 malam. Selasa hingga Rabu siang, semua penerbangan yang akan mendarat di bandara di Zhengzhou dibatalkan.

Layanan ditangguhkan untuk lebih dari 160 kereta di Stasiun Kereta Api Zhengzhou Timur, membuat sejumlah besar penumpang terdampar

Lalu lintas juga terganggu di sejumlah jalan raya nasional dan provinsi di Henan karena banjir dan jalan yang ambruk.

Sebuah tim penyelamat yang terdiri dari 1.800 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan ke daerah-daerah yang dilanda banjir dari tujuh provinsi tetangga, bersama dengan perahu, kendaraan pompa, dan peralatan penyelamat banjir.

Untuk memulihkan jaringan komunikasi yang rusak akibat badai di Zhengzhou, perusahaan telekomunikasi lokal telah bergegas untuk memperbaiki setidaknya 6.300 BTS dan 275 km kabel serat optik. Dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU