Cara Jaga Prokes Covid-19 Saat di Dalam Mobil

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 04 Jul 2021 11:26 WIB

Cara Jaga Prokes Covid-19 Saat di Dalam Mobil

i

Seseorang yang sedang berada di dalam mobil. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Maraknya wabah Covid-19 memang sangat membelenggu warga Indonesia. Oleh karenanya, pemerintah telah mencanangkan Gerakan 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak/Menghindari kerumunan.

Sedangkan di dalam mobil menggunakan simulasi dinamika fluida komputasi yang kompleks, kuartet Varghese Mathai, Asimanshu Das, Jeffrey Bailey, dan Kenneth Breuer mempelajari bagaimana aerosol (partikel padat di udara) yang kita irup bergerak di sekitar kabin mobil.

Baca Juga: Studi: Berhenti Merokok Sebelum Umur 35 Tahun

Mereka juga meneliti bagaimana aliran aerosol berubah dengan berbagai jendela terbuka dan turun.

Hasil peneltian sebuah studi baru dari Brown University, Rhode Island, Inggris sangat menarik. Tetapi singkatnya, pengguna mobil bisa membuka jendela jika ingin mencegah tertular virus Corona.

Mobil yang digunakan dalam simulasi adalah Toyota Prius. Penumpangnya duduk secara diagonal satu sama lain, seperti pengaturan umum di taksi dan tumpangan.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Protokol Kesehatan KTT G20

Kemungkinan hasil penelitian bisa diadopsi untuk mobil seukuran dan tidak berlaku untuk mobil, truk, atau van yang lebih besar atau lebih kecil.

Tim peneliti menemukan, membuka jendela yang letaknya berlawanan dari setiap penumpang dapat menciptakan aliran yang secara drastis mengurangi pengumpulan aerosol di kabin mobil.

Baca Juga: BPBD Jatim Kawal Kesehatan Jemaah Haji Agar Bebas Covid-19

Menurut New York Times, mereka juga menemukan bahwa membuka jendela mobil, bahkan setengahnya, bisa sangat membantu. Tapi ini hanya memecahkan masalah sedikit saja sebab tidak menghasilkan aliran udara yang cukup.

Hasil penelitian pencegahan Covid-19 di dalam kabin mobil layak dibaca lebih detil dan tentunya dicoba dilakukan. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU