Buah Rambutan yang Kaya Vitamin C, Jaga Jantung dan Daya Tahan Tubuh

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Apr 2021 11:35 WIB

Buah Rambutan yang Kaya Vitamin C, Jaga Jantung dan Daya Tahan Tubuh

i

Buah Rambutan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rambutan yang kaya mengandung vitamin C cukup tinggi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit, salah satunya jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah. Karena Vitamin C berperan memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

Selain itu, kandungan Vitamin C pada buah rambutan juga berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Semakin sedikit vitamin C dalam tubuh, maka sistem imun Anda akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi.

Baca Juga: Buah- Buahan Untuk Kesehatan Kulit yang Wajib Dikonsumsi

Hal ini juga dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam Virology Journal. Para peneliti melaporkan bahwa geraniin pada kulit rambutan memiliki aktivitas antivirus terhadap virus dengue.

Senyawa tersebut ternyata dapat menghambat proses penempelan virus dengan mengikat protein E-DIII dan mengganggu interaksi sel virus awal. Maka itu, para ahli berpendapat bahwa geraniin berpotensi dikembangkan menjadi obat antivirus.

Rambutan adalah satu di antara buah-buahan yang mampu mencegah penyakit ginjal. Buah ini mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal. Buah ini juga mengandung fosfor untuk menyaring racun dalam tubuh.

Rambutan terbukti ampuh menurunkan berat badan, karena mengandung serat yang bernilai tinggi. Rambutan akan membantu mengeuarkan kalori dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi buah ini juga akan membuat tidak cepat lapar ataupun haus.

Baca Juga: Catat! Ini Sederet Buah Berprotein Tinggi

Karena setiap 100 gram daging rambutan mengandung 75 kalori dan 0,8 gram serat. Hal ini dikarenakan buah yang kaya akan serat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Namun, tentu saja makan buah rambutan tetap perlu dibarengi dengan makanan lainnya guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Rambutan dipercaya ampuh mengatasi diabetes. Sebuah penelitian di China membuktikan kandungan fenolik buah rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

Tak kalah dengan susu, rambutan juga memiliki kandungan yang mampu menyehatkan tulang. Rajin mengonsumsi rambutan bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis. Rambutan mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Olive Oil Setiap Hari Mampu Cegah Demensia

Nutrisi dalam rambutan bermanfaat bagi kecantikan, yakni menyehatkan kulit. Rambutan mengandung vitamin C yang dapat melembapkan kulit dan meningkatkan kolagen. Selain dimakan langsung, biji buah rambutan juga dapat dimanfaatkan sebagai masker kulit.

Vitamin C dalam rambutan juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Kandungan protein rambutan juga dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut. Dsy10

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU