BPBD Ngawi Ingatkan Ada 4 Kecamatan Rawan Longsor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Feb 2021 12:06 WIB

BPBD Ngawi Ingatkan Ada 4 Kecamatan Rawan Longsor

i

BPBD Kabupaten Ngawi bersama TNI dan polisi mengecek lokasi tanah rawan longsor. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Ngawi - Dimusim cuaca ekstrem ini berdasarkan pemetaan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ngawi sebelumnya, terdapat empat kecamatan yang kini rawan bencana tanah longsor.

Kepala BPBD Ngawi Prila Yuda Putra menyebut wilayah empat kecamatan yang rawan tanah longsor tersebut berada di lereng Gunung Lawu bagian utara. Yakni Kecamatan Sine, Ngrambe, Jogorogo, dan Kendal.

Baca Juga: Pemerintah Tutup Mata Soal Tanggul Sungai Gunting di Jombang Kritis, Rumah Warga Terancam Hanyut

"Daerah lereng pegunungan potensi tanah longsor. Terlebih kontur dan topografi seperti itu," kata Prila, Minggu (21/2/2021).

Oleh karenanya, BPBD Ngawi meminta kepada warga yang bermukim di lereng perbukitan itu agar waspada, sebagai langkah antisipasi. Terlebih jika curah hujan tinggi atau turun hujan deras.

Baca Juga: Pasar Besar Ngawi Bakal Kembali Dioptimalisasi

Walaupun demikian, BPBD Ngawi memastikan vegetasi alam atau tumbuhan alami di wilayah lereng Gunung Lawu bagian utara yang masuk wilayah Ngawi masih cukup bagus.  "Lereng Lawu bagian utara merupakan daerah tangkapan air sehingga vegetasi alam harus dijaga," ucap  Prila.

Selain itu, BPBD Ngawi juga minta masyarakat yang bermukim di wilayah lereng Gunung Lawu agar tetap waspada. Terlebih dalam kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang. Dsy9

Baca Juga: Ngawi Dipilih Sebagai Penyangga Lumbung Pangan Dampak El Nino

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU