Berkat Presiden, Kini Kebanjiran Order Motor Custom Ala Chopper

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 09:40 WIB

Berkat Presiden, Kini Kebanjiran Order Motor Custom Ala Chopper

i

Alfian yang sedang mendandai motor lawas. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hobi mendandani sebuah motor lawas menjadi sesuatu yang berbeda menjadi tren di Indonesia belakangan ini. Terlebih, Presiden Jokowi sempat menunggangi motor chopper andalannya saat blusukan ke berbagai daerah.

Alfian mengaku efek Presiden Jokowi terkait motor custom, juga sangat berpengaruh dalam penghasilannya. Sebab, kata dia, masyarakat makin tahu tentang perkembangan motor custom di Indonesia. "Waktu Jokowi pakai chopper, itu makin banyak orang yang tahu dan mulai hobi yang sama," kata Alfian.

Baca Juga: Ditanya Soal Hasil Pilpres, Menkes Ketawain Jokowi

Animo masyarakat pun mulai tumbuh untuk menggeluti hobi motor custom ala chopper. Melihat pasar tersebut, Alfian sebenarnya sudah mulai merakit motor custom sejak lulus SMK, tepatnya pada tahun 2016. Lulus sebagai anak teknik mesin, Alfian awalnya bekerja sebagai sales.

Namun, dia merasa bila terus bekerja di tempat yang kurang mengasah kemampuan, itu menjadi percuma. "Gue passion di motor itu sejak SMP sebenarnya, tetapi lulus enggak langsung terjun ke motor," ucap Alfian.

Pekerjaan menjadi mekanik motor, kata dia, sulit untuk ditemukan saat dia lulus sekolah. Setelah merasa tak menemukan jati diri, Alfian lantas berani untuk membuka bengkel sendiri yang diberi nama Bukan Bengkel. Bukan Bengkel, kata Alfian, merupakan tempat khusus untuk memodifikasi motor lawas.

Baca Juga: Menkes Tertawa, Jokowi Pilih Ketua Indonesia, Bukan Ketum Golkar

"Awalnya gue cuma terima dari teman, saudara, atau tetangga saja buat benerin motor. Kalau untuk custom juga sama, baru dua tahun terakhir gue yakin buat terima dari luar," jelasnya.

Mendandani motor lawas, tidaklah mudah. Sebab, Alfian perlu mengetahui konsep motor lebih dari pengetahuan pelanggan. Dengan begitu, kata dia, pelanggan akan puas dengan kinerjanya saat memahat sebuah karya.

Permintaan motor custom ala chopper, katanya, menjadi salah satu keunggulan bengkel miliknya. "Banyak, sih, yang minta dibikin motor chopper gitu. Mulai dari sasis Honda Tiger, Yamaha Scorpio, dan lain-lain," imbuhnya.

Baca Juga: Prabowo, Cek Istana Presiden di IKN yang Akan Dihuni Jokowi, Juli 2024

Dalam satu proyek motor custom, Alfian bisa meraup untuk lumayan besar, tergantung dari durasi mengerjakan. Selain itu, keadaan motor juga diperhitungkan bila ingin mendapat hasil yang memuaskan.

"Pendapatan itu tergantung, ya. Namun, yang paling besar sejauh ini satu motor bisa Rp 6 juta. Itu hanya untuk bayaran jasa gue saja," jelasnya. Dsy4

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU