Belanja ke Pasar Induk Bisa Lewat Sistem Online

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 23 Apr 2021 14:02 WIB

Belanja ke Pasar Induk Bisa Lewat Sistem Online

i

Pasar Induk Osowilangun Surabaya mempermudah pedagang di pasar tradisional dalam berbelanja dengan menerapkan sistem belanja online. SP / HUMAS PEMKOT SURABAYA

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Kebutuhan seluruh pasar tradisional maupun pasar eceran di Kota Surabaya saat ini bisa ditampung melalui pasar induk. Pemkot Surabaya mempermudah pedagang di pasar tradisional dalam berbelanja ke pasar induk dengan menerapkan sistem belanja online.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan pedagang pasar tradisional bisa membeli secara online dan barangnya akan dikirim oleh pasar induk ke pasar tradisional.

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

"Sehingga pasar tradisional tidak perlu datang mengambil barangnya. Sehingga ada keuntungan, pertama efisiensi waktu, kedua efisiensi tenaga. Insyaallah semoga bisa berjalan," kata Eri di PIOS (Pasar Induk Osowilangun Surabaya), Jumat (23/4/2021).

Eri mengatakan, pasar induk memiliki peran penting. Yakni memastikan keamanan harga komoditi di pasaran."Jadi ini bisa support pasar tradisional. Jadi harga dengan pasar induk bisa terkontrol, naik atau turun. Pasar induk bisa kasih support," jelasnya.

Untuk stok bahan pokok makanan di Surabaya, Eri menyebut masih aman. "Insyaallah aman kalau stok," ujarnya.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

Sementara Direktur Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia, Hartono mengatakan, jaringan luas pasar induk akan memberikan kemudahan bagi pasar tradisional. Seperti kemudahan akses distribusi barang ke pasar-pasar di sekitarnya.

"Kalau pasar induk banyak, berjaringan, stabil dan petani mudah. Fluktuasi harga bisa diperkecil. Di PIOS sendiri, dalam per harinya perputaran barang 300 ton. (Nominal) sekitar Rp 1,5 M," kata Hartono.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Terkait sistem online yang digunakan oleh Pemkot Surabaya, pihaknya sangat mendukung. Nantinya akan memberikan kemudahan bagi pedagang yang ada di pasar tradisional.

"Kami memberi informasi dan kemudahan terhadap pedagang," pungkasnya.na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU