ASN Kota Kediri Borong Hasil Panen Petani

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Okt 2021 17:57 WIB

ASN Kota Kediri Borong Hasil Panen Petani

i

Beberapa ASN Kota Kediri saat membeli sayuran hasil panen langsung dari lahan petani.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - ASN Kota Kediri beramai-ramai memborong hasil panen sejumlah petani di Kediri. Adapun hasil panen yang diborong diantaranya terong, tomat, hingga telur. Beberapa komoditas tersebut harganya anjlok di pasaran.

"Dengan kegiatan ini, kami beli dengan harga lebih tinggi dari pasaran. Dana pembelian ini dikumpulkan dari ASN," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Muhammad Ridwan, Jumat (22/10).

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan SK Pensiun ke 50 PNS Kota Kediri

Menurut Ridwan, terong dari lahan pertanian Syamsul Hadi yang terletak di Kelurahan Banjar Mlati, Kecamatan Mojoroto, dibeli sebanyak 1,5 kuintal. Ia sengaja membeli dengan harga Rp 1.500/kg meski di pasaran hanya sekitar Rp 800-900/kg.

Syamsul pun mengaku senang dengan adanya pembelian hasil panennya langsung di sawah. "Karena kalau laku di sawah langsung itu malah lebih bagus," ujar Syamsul.

Ia bersyukur meski di Kota Kediri petani sayur tidak banyak, tapi mendapat perhatian dari petugas. Selama ini, ada pantauan dari penyuluh mengenai sayur mayur yang ditanam.

Baca Juga: Temukan Oknum ASN Terlibat Dukung Caleg, Demokrat Lamongan Berencana Gugat Hasil Pileg ke MK

Selain itu, para ASN Kota Kediri juga membeli telur dari kandang di Kelurahan Ngletih, serta tomat dari petani di Kelurahan Manisrenggo, Kecamatan Kota.

Sementara itu, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan aksi borong ini selain untuk membantu petani agar tidak rugi, juga untuk menjaga kestabilan harga komoditas sayur.

Baca Juga: ASN Lamongan Diminta Tingkatkan Pelayanan dan Kolaborasi Semua Pihak

"Meski di Kota Kediri pertanian bukan yang utama, namun Pemkot Kediri terus memperhatikan kesejahteraan petani dan keberlangsungan lahannya. Kami bantu dengan kegiatan-kegiatan seperti ini agar semua bisa survive," ujar Mas Abu, sapaan karib Wali Kota Kediri itu. 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU