Anak Pilek, Segera Tes Swab Antigen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Jun 2021 21:49 WIB

Anak Pilek, Segera Tes Swab Antigen

i

Dr Hermawan Saputra dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI)

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta- Dr Hermawan Saputra dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mewarning para orang tua tidak anggap sepele gejala yang mungkin tampak seperti pilek biasa.

Menurut Hermawan, banyak anak yang positif COVID-19 saat ini melaporkan gejala demam, batuk, dan pilek. "Sehingga kalau ciri-ciri demam, batuk, ditambah dengan pilek itu samar sekali dengan influenza biasa," kata Hermawan dalam diskusi yang disiarkan kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

"Dengan keadaan seperti ini orang tua harus punya awareness lebih. Jangan sampai menyederhanakan 'oh ini batuk pilek biasa'. Harus lebih karena suasana kita dalam keadaan pandemi. Lebih itu dengan cara memeriksakan diri," lanjutnya.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

Bila anak mengalami gejala yang mirip dengan flu atau pilek, orang tua diimbau tak ragu untuk membawa buah hatinya menjalani tes swab antigen. Bisa jadi itu gejala corona anak.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

"Kita mengamati sebenarnya kasus pada anak itu tinggi dan membludak belakangan ini. Dengan adanya percepatan penularan virus melalui varian baru, anak-anak itu menjadi sangat empuk buat virus Corona," pungkas Hermawan. n erc/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU