Alun-Alun Baru Kota Mojokerto Padukan Konsep Majapahit dan Kemerdekaan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Sep 2021 15:15 WIB

Alun-Alun Baru Kota Mojokerto Padukan Konsep Majapahit dan Kemerdekaan

i

Gambar tugu baru Alun-alun Kota Mojokerto.SP/Dwy AS

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Pembangunan Alun-alun sebagai titik simpul strategis kawasan Kota Mojokerto terus berlangsung. Setelah pendirian miniatur candi-candi dan gapura peninggalan Kerajaan Majapahit di gerbang masuk dan sudut Alun-Alun itu kini menyentuh pembangunan Tugu Proklamasi.

Ayuhan Nafieq, Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto  mengatakan, saat ini Tugu Proklamasi yang berada satu area dengan Alun-Alun Kota Mojokerto tengah ditata ulang agar memberikan tampak visual yang lebih jelas dan maknanya diketahui masyarakat yang berkunjung di Alun-ulun.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

“Fungsi alun-alun sebagai ruang terbuka akan dikembalikan dengan melengkapinya dengan ruang bermain anak dan sarana berolah raga. Dengan demikian kegiatan besar dapat dilakukan tanpa ada kekhawatiran akan rusaknya tanaman,” terang Yuhan, sapaan karib sejarawan Mojokerto tersebut, Kamis (16/9/2021).

Pemerintah Kota Mojokerto, katanya lebih lanjut,  menggunakan rekomendasi Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kota Mojokerto untuk penataan ulang Alun-alun dan Tugu Proklamasi tersebut. 

Menurutnya, pembangunan kawasan Alun-alun Mojokerto yang dilengkapi dengan Tugu Proklamasi tidak lepas dari nilai historis Kota Mojokerto yang pembentukannya dipengaruhi oleh beberapa masa, yaitu Kerajaan Majapahit, penjajahan Belanda dan Jepang, serta masa pasca kolonial. Kerajaan Majapahit sendiri merupakan kerajaan yang besar dan menjadi kubu pertahanan yang cukup tangguh dalam menghadapi pasukan asing.

Dan pada tahun 1945 Kota Mojokerto pernah menjadi garis depan pertahanan Jawa Timur dan menjadi daerah basis perjuangan. Untuk mengenang semangat perjuangan tersebut, didirikanlah Tugu Proklamasi di tengah-tengah Alun-Alun Kota Mojokerto pada tahun 1949 silam,” katanya. 

"Ruang publik yang disebut Alun-alun Kota Mojokerto itu dinamakan Alun-alun Wiraraja. Wiraraja memiliki makna 'pemimpin yang berani'. Ada yang menyebut nama itu sebagai penghormatan pada Aria Wiraraja yang membantu pendirian kerajaan Majapahit, ada juga yang menyebut Wiraraja adalah nama pasukan pengawal raja. Alun-alun itu sendiri berbentuk tanah lapang yang dikitari dengan jalan umum,” imbuhnya.

Alun-alun Mojokerto, ujarnya, dibuat pada tahun 1838 bersamaan dengan pembangunan kediaman Bupati Mojokerto yang tepat ada di sisi timur alun-alun tersebut. Pada sisi barat terspat masjid Agung Kauman yang kemudian diberi nama masjid Al Fatah. Pada sisi Utara ada kantor asisten residen Belanda yang kini menjadi Markas KOREM Citra Panca Yudha Jaya. Sedangkan pada sisi selatan terdapat kampung Pecinan yang dibelah oleh jalan utama kota yaitu jalan Majapahit.

Setelah Indonesia Merdeka didirikan sebuah tugu peringatan kemerdekaan yang peresmiannya bersamaan dengan penyerahan kedaulatan dari tentara Belanda pada pemerintah RIS, 5 Desember 1949. Tugu peringatan tersebut dinamakan tugu Proklamasi karena memuat teks proklamasi yang dipahat pada bilah marmer terbaik dari Tulungagung.

Baca Juga: Peringati Isra' Miraj Pemkot Mojokerto Kembali Hadirkan Da'i Kondang Ustad Wijayanto

Pada tahun 1981, Walikota Sami'oedin merenovasi tugu Tugu Proklamasi tersebut. Tujuan dari renovasi adalah untuk memberi kesan kuat pada kota Mojokerto sebagai kota perjuangan, terutama saat banyak orang datang mengikuti kegiatan gerak jalan Mojokerto-Surabaya. Dan kini untuk lebih menautkan makna kota Mojokerto sebagai bagian dari kejayaan masa lalu serta jejak perjuangan kemerdekaan maka akan dibangun ulang tugu proklamasi di alun-alun Mojokerto.

Lebih jauh Yuhan mengatakan, Alun-alun Kota Mojokerto yang menjadi jantung keramaian dan pusat kegiatan warga kota ditata sebagai public open space untuk sarana berinteraksi. Dengan berbagai elemen yang memiliki nilai histori sebagai pusat Kerajaan Majapahit sangat potensial untuk memperkuat identitas Kota Mojokerto. 

Diterangkan, posisi bangunan Tugu Proklamasi yang didedikasikan untuk para pejuang pemuda Mojokerto semasa penjajahan Belanda dan menuju kemerdekaan Republik Indonesia itu tepat di tengah-tengah Alun-alun dengan tinggi 45 meter dan bilah tangga berjumlah 17 anak tangga serta kolam berbentuk segi 8. Angka-angka tersebut menunjukkan tanggal, bulan dan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945. 

Bentuk menara adalah Lingga Yoni yang melambangkan kesuburan wilayah. Konsep lingga yoni ini banyak dipakai pada masa Majapahit dan kemudian diadopsi oleh Presiden Soekarno saat merancang Tugu Monumen Nasional (Monas).

Pada puncak tugu terdapat bunga teratai atau Padma dalam posisi mekar yang menunjukkan puncak pencapaian spiritual atau hubungan vertikal antara manusia dengan Sang Pencipta. Sedangkan bunga Padma posisi kuncup ke atas melambangkan kekuatan ruhaniah.

Baca Juga: Tinjau Banjir Kota Mojokerto, Pj Gubernur Jatim Bantu Logistik dan Pompa Air

Tubuh tugu berbentuk pilinan. Bentuk tersebut melambangkan perjalanan hidup yang dinamis dengan cita-cita kuat. Bentuk tugu yang kokoh menunjukkan kekuatan jasmaniah.

Pedestal atau dudukan tugu mengambil bentuk dari Candi Sukuh yang merupakan salah satu bangunan masa Majapahit yang terbuat dari material batu andesit. Pedestal tugu tersebut dimaksudkan untuk menunjukkan keragaman bentuk bangunan dan material masa Majapahit yang tidak hanya menggunakan batu bata saja.

Pada pedestal pada sisi Utara, timur dan selatan akan ditampilkan relief alegoris tentang perjalanan sejarah kota Mojokerto. Pada bidang relief itu pula bakal ditempatkan teks proklamasi yang terbuat dari marmer sebagaimana pada tugu proklamasi tahun 1949.

 “Pemkot ingin menjadikan Alun-Alun sebagai kawasan yang lebih bermakna dengan menonjolkan sisi Kota Mojokerto yang identik akan sejarah Kerajaan Majapahit,” imbuhnya. dwi

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU