Isu Skandal Aespa

"Affair" dengan Bos, Lalu "Kabur" ke AS

Girlband asal Korea Selatan AESPA yang kini hijrah ke AS.

Girl grup asal Korea Selatan, Aespa, saat ini tengah disorot. Pasalnya akhir-akhir ini, Aespa bikin ricuh para fansnya di media sosial. Selain persoalan salah satu membernya, yang 'affair' dengan bos SM Entertainment, tempat Aespa dibentuk. Kini, Aespa juga memutuskan hijrah cari nafkah ke AS. Lantas seperti apa nasib girl group yang berisikan personel Karina, Giselle, Ningning dan Winter ini?

 

Kamis (22/7/2021) kemarin, Aespa resmi hijrah ke Amerika Serikat, karena girl grup beranggotakan 4 orang ini bergabung dibawah manajemen Creative Artist Agency (CAA). CAA sendiri merupakan agen bakat paling terkemuka di AS.

Kurang dari setahun setelah debut mereka, grup SM Entertainment ini dilaporkan telah menandatangani kontrak dengan Creative Artists Agency. CAA adalah salah satu agen bakat paling terkemuka di Amerika Serikat. 

Nantinya, dengan CAA, Aespa akan dibantu promosi promosi, pengelolaan konser, dan iklan di wilayah AS dan Eropa.

Meski telah berpindah ke CAA, Amerika Serikat,  Aespa akan terus dikelola oleh SM Entertainment, yang juga merupakan klien CAA.  Salah satu eksekutif di SM Entertainment, Jeremy Lopez, membenarkan kabar tersebut melalui Instagram Story, Kamis (22/7/2021). Jeremy terlihat membagikan artikel dari Pollstar yang menyebutkan bahwa grup pelantun "Next Level" itu telah tekan kontrak di semua area. "Telah melakukan sesuatu yang spesial," kata Jeremy Lopez melalui akun @dr.jeremy.lopez.iii.

CAA bertanggung jawab untuk pengelolaan tur Amerika Utara SuperM serta episode NCT 127 di "The Late Late Show With James Corden". 

Artis lain yang bernaung di bawah CAA termasuk Beyonce Knowles, Ariana Grande, Harry Styles, serta Mark GOT7. Idol tersebut menandatangani kontrak dengan CAA setelah kepergiannya dari JYP Entertainment.

 

Affair Bos SM Entertainment

Sebelumnya Aespa juga diributkan terkait "affair" salah satu membernya, Giselle yang bisa masuk ke SM Entertainkent lewat jalur KKN dengan bos SM Entertainment. Isu ini muncul setelah beberapa media Korea Selatan melaporkan pendiri SM Entertainment yaitu Lee Soo Man membeli apartemen mewah senilai 4 triliun Won (sekitar Rp50 triliun) untuk seorang jurnalis bernama Cho Joo Hee, kepala dari media A-News cabang Korea Selatan.

Cho Joo Hee juga bertanggung jawab akan cabang A-News di Amerika Serikat dan juga sering menuliskan artikel untuk artis-artis SM Entertainment, seperti EXO, Red Velvet dan Aespa. Cho Joo Hee sendiri disebut sebagai pacar dari Lee Soo Man. Bahkan, Cho Joo Hee juga disebut-sebut masih hubungan keluarga dengan Giselle, sebelum masuk ke Aespa.

Hal ini dikuak oleh warganet Korea. Hubungan kekerabatan dengan Giselle Aespa itu bocor lewat cuitan yang dibuat Cho Joo Hee pada tahun 2012 lalu.

Dalam cuitan tersebut, Cho Joo Hee menuliskan dirinya mendapatkan kado dari keponakannya yang bernama Aeri Uchinaga. Aeri Uchinaga sendiri adalah nama lahir dari Giselle Aespa. Hubungan kekerabatan dengan sang pacar dari pendiri SM Entertainment membuat banyak netizen Korea Selatan via aplikasi Pann, ramai mempertanyakan kenapa Giselle bisa debut di Aespa.

 

Hidden Trainee

Sebab sebelum debut bersama aespa, Giselle hanya menjalani waktu trainee yang sangat singkat yaitu 10 bulan saja. Dan ketika Giselle diperkenalkan SM Entertainment sebagai salah satu member Aespa, banyak netizen yang tidak puas. Ketidakpuasan itu muncul dari netizen yang menilai Giselle diperlakukan sebagai hidden trainee SM Entertainment ketika sebenarnya tidak memiliki bakat dan visual yang menonjol.

Debut bareng Aespa di tanggal 17 November 2020, Giselle langsung panen hujatan warganet Korea Selatan. Penampilan serta kemampuan rap Giselle Aespa menjadi sasaran kritik. Dan kritikan ini terus berlarut-larut hingga muncul topik pembahasan di Pann yang mengatakan bahwa Giselle Aespa bisa debut lewat jalur belakang (orang dalam).

Alias minta bantuan sang bibi, Cho Joo Hee yang diisukan sebagai pacar Lee Soo Man.

"Tunggu, jadi Giselle benar-benar masuk melalui koneksinya? Dia seperti generasi baru Sunny (Girls' Generation). Apakah ini benar-benar alasan Giselle debut kurang dari 3 bulan setelah menjadi trainee," komentar netter . “Aku meragukan Giselle di aespa. Dia tidak secantik Karina atau Winter. Dan Bakatnnya juga biasa saja. Atau mungkin SM mau membentuk BLACKPINK kedua, Giselle dipilih cuma karena bisa bahasa Inggris?” tulis salah satu netizen.

Dan ada pula netizen yang berkomentar sinis seputar hubungan Giselle dengan pacar Lee Soo Man. “Di dunia ini, hubungan kekerabatan benar-benar istimewa bukan?” komentar satu netizen. “Keponakan dari pacar Lee Soo Man debut?” tulis netizen yang lain terkait isu Giselle bisa debut di aespa lantaran dirinya adalah keponakan dari jurnalis Cho Joo Hee, pacar pendiri SM Entertainment. sbs/kn/cr3/na