53 Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 21 Nov 2021 18:53 WIB

53 Rumah di Banyuwangi Terendam Banjir

i

Sebanyak 53 rumah di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur. SP/dok BPBD

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sebanyak 53 rumah warga di Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, terendam banjir.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi melaporkan  kejadian ini terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi pada Jumat (19/11/2021) pukul 14.35 WIB.

“Terdapat 53 KK terdampak dengan ketinggian air pada saat terjadi banjir berkisar antara 50 - 60 sentimeter," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D, Minggu (21/11/2021).

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Siagakan Ribuan Nakes Selama Arus Mudik Lebaran

Menurut Muhari, BPBD Kabupaten Banyuwangi segera melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna melakukan penganganan dan kaji cepat di lapangan. penyiapan bantuan juga tengah dilakukan bagi para warga terdampak.

Baca Juga: 16 Titik di Kota Malang Terendam Banjir

Melihat kondisi beberapa wilayah di Indonesia yang mengalami banjir BNPB menghimbau untuk para pemangku kepentingan dan pemerintah setempat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi fenomena La Nina. 

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Pemilihan penanaman tanaman berbasis vegetasi dapat dilakukan guna mengikat struktur tanah dan mampu menyerap air pada saat kondisi cuaca ekstrem yang dapat memicu ancaman potensi bahaya hidrometeorologi. hr/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU