5 Kriteria Laptop Paling Oke Untuk Work From Home

Bila dulu hampir sebagian besar perusahaan mewajibkan karyawan bekerja di kantor, maka sekarang kebijakan ini jadi tidak terlalu wajib. Pandemi corona membuat banyak company mengubah kebijakan ini demi menjaga karyawannya dari paparan virus Covid-19.

Anda pun sebenarnya diuntungkan dengan hal ini. Tak perlu macet-macetan, tinggal pakai baju santai lalu buka laptop, maka kerjaan jadi lebih cepat selesai. Namun, tetap saja, anda perlu device yang memadai selama Work From Home. Pilih laptop yang tepat untuk mendukung kinerja anda seperti misalkan MacBook air M1. Silahkan pastikan kriteria berikut ini ada pada laptop yang akan anda pakai Work From Home:

 

  1. Pilih Laptop dengan Kualitas Layar yang Tajam

Tentu rasanya beda ketika anda bekerja dengan layar laptop yang teknologinya sederhana dengan yang sudah modern, bukan? Kenyamanan pandangan mata saat melihat laptop sangat diperlukan supaya produktivitas anda bertambah. Tak hanya ukuran layar yang pas untuk bekerja, namun pastikan laptop yang anda gunakan sudah mendukung teknologi layar P3. Layar ini mendukung jutaan warna yang akan membantu laptop memberikan hasil layar yang tajam.

Tentunya, Anda pekerja digital seperti desainer grafis, illustrator maupun editor video membutuhkan laptop berlayar retina 13,3 seperti halnya Macbook Air M1. Tak hanya itu, teknologi true tone yang ada pada Macbook Air M1 juga mampu menyesuaikan intensitas layar dengan cahaya sekitar. Ini tentunya membuat anda tak perlu repot-repot mengatur kecerahan layar supaya nyaman digunakan saat bekerja.

  1. Alangkah Baiknya Gunakan Laptop Berukuran Tipis dan Ringan

Banyak yang masih menganggap kalau laptop khusus bekerja haruslah berat dan besar. Padahal, anggapan seperti ini mitos belaka, loh. Justru, semakin ringan dan tipis laptop yang anda punyai, semakin mudah pula untuk dibawa kemana-mana. Anda yang berprofesi sebagai jurnalis maupun pengajar online rasanya perlu laptop yang memudahkan mobilitas.

 

Nah, anda bisa coba Macbook Air yang memiliki berat ringan dengan ukuran yang tipis. Berat macbook air yang hanya 1,2 kg saja tentu membuat anda mudah membawanya kemanapun. Ukurannya yang mungil, yaitu 12 x 8,4 x 0,6 inci membuat laptop ini muat bila dimasukkan ke dalam tas.

  1. Pilih Laptop dengan Baterai yang Tahan Lama

Meski anda sedang work from home, biasanya jam kerja yang diberlakukan perusahaan tetaplah jam kerja normal. Jadi, anda tetap harus stay 9 to 5 di rumah mengerjakan pekerjaan kantor. Bahkan, terkadang kantor juga menyuruh karyawan mengerjakan pekerjaan tambahan.

Nah, untuk itu anda memerlukan laptop dengan baterai awet seperti contohnya Macbook Air M1 yang mampu digunakan untuk bekerja dalam jangka waktu lama. Dalam sebuah pengujian, Macbook Air M1 mampu bertahan selama 14 jam 41 menit saat dipakai bekerja dengan wifi yang terus menerus menyala. Tentu saja, ini merupakan jumlah jam yang lumayan lama untuk digunakan bekerja.

  1. Pilih Laptop yang Bisa Melakukan Tugas Multitasking

Guna memudahkan kinerja anda saat Work From Home, alangkah baiknya memilih laptop dengan sistem operasi yang mendukung. Semakin up to date, semakin cepat pula kinerja suatu laptop.

Coba MacBook Air M1 2021 dengan sistem operasi baru bernama MacOs Big Sur. Ini merupakan OS terbaru yang dirilis Apple untuk melindungi penggunanya dari ancaman Malware. Tak hanya itu, berbagai macam perbaikan bug untuk browser safari juga sudah ditangani dengan bantuan OS Big Sur ini.

Sistem Operasi ini tentu memastikan pengguna Macbook Air M1 mengerjakan berbagai macam tugas dalam waktu bersamaan, tanpa membuat device hang. Prosesor 8 core dengan chip M1 memungkinkanya memproses grafis secara mulus, tanpa membuat laptop loading lama saat membuka gambar atau video.

  1. Pastikan Laptop Tahan Banting

Dengan 3 pilihan warna (Perak, Emas, Abu-Abu). Macbook Air M1 dibuat dengan mengusung prinsip ramah lingkungan. Laptop ini diproduksi dengan penutup berbahan aluminium  dan timah daur ulang. Meski begitu, bahan-bahan daur ulang yang dipilih pun tidak sekedar asal-asalan.

Apple tetap memilih bahan bekas yang masih sangat layak pakai dan tak kalah dengan material baru. Program Zero Waste yang diusung oleh apple ini mengurangi berbagai macam efek samping produksi bagi lingkungan. Laptop Macbook Air M1 ini pun sudah diuji sangat tahan banting dengan goncangan dan benturan dari berbagai sisi.

 

  1. Utamakan Laptop yang Tidak Cepat Panas

Bekerja dalam jangka waktu lama menggunakan laptop tentu membuat mesinnya cepat panas. Akibatnya, kebanyakan device akan cepat rusak bila tidak diberi kipas bawaan. Namun berbeda dengan Macbook Air M1 yang tidak panas saat dipakai, bahkan dalam jangka waktu yang sangat lama. Sebagai komputer premium, Macbook Air M1 mampu meminimalisir masalah ini. Namun, meski begitu sebagai pengguna usahakan untuk tidak terlalu memforsir device yang Anda gunakan. Pastikan laptop tetap memiliki masa istirahat supaya mesinnya tidak bekerja terus menerus. Dengan senantiasa mengatur penggunaanya, maka laptop pun akan punya umur yang lebih lama.

Beberapa tips pilih laptop untuk work from home ini sudah sepatutnya anda perhatikan guna meningkatkan produktivitas anda. Laptop dengan teknologi canggih, tidak lemot, mudah digunakan serta punya daya baterai yang lumayan panjang seperti MacBook Air M1 sangat patut dijadikan laptop pilihan untuk anda para profesional. Tertarik membeli Macbook Air M1? Anda bisa mencarinya di toko elektronik khusus laptop atau bisa juga memesannya lewat Blibli dengan praktis lho!