19 Tim UNAIR Lolos Finalis PIMNAS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Sep 2021 16:44 WIB

19 Tim UNAIR Lolos Finalis PIMNAS

i

Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) UNAIR, Dr. M. Hadi Subhan, S.H., M.H, CN.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Dengan bangga, Universitas Airlangga (UNAIR) sukses lolos sebagai finalis pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke- 34. Hal tersebut diumumkan melalui Dirjen Dikti, yakni UNAIR masuk dalam ranking tujuh besar dengan jumlah finalis sebanyak 19 tim. Kamis (30/09/2021).

Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) UNAIR, Dr. M. Hadi Subhan, S.H., M.H, CN., menyampaikan bahwa capaian tersebut terbaik sepanjang sejarah. Pasalnya, dirinya menuturkan jika UNAIR belum pernah masuk dalam 10 besar sebagai finalis terbanyak sebelumnya.

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

“Jumlah tim UNAIR yang didanai Dikti adalah 65 tim, sementara yang berhasil lolos sebagai finalis ada 19 tim. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa hampir 30 persen tim UNAIR masuk sebagai finalis PIMNAS Ke-34. Kalau dilihat dari persentase itu, UNAIR sebenarnya nomor 1 dengan persentase paling banyak lolos dibandingkan jumlah yang didanai,” paparnya.

Selanjutnya, Akademisi yang akrab disapa Hadi itu menuturkan, 19 tim UNAIR yang lolos sebagai finalis terbagi ke dalam 6 bidang. Masing-masing 6 tim PKMRE, 4 tim PKMRSH, 4 tim PKMK, 2 tim PKMPI, 2 tim PKMPM, dan 1 tim PKMGT.

Dalam rangka mempersiapkan diri dalam ajang yang akan digelar secara daring di Universitas Sumatera Utara (USU) pada 22-30 Oktober mendatang, Hadi menyebut tim UNAIR segera melakukan koordinasi untuk mempersiapkan skill public speaking saat presentasi, melengkapi laporan, pembuatan power point, dan pembuatan poster pada Rabu (29/9/2021) malam.

Terlebih lagi, Hadi menyampaikan bahwa UNAIR akan melakukan pembinaan setiap harinya kepada semua tim yang lolos agar persiapan lebih optimal. Bahkan, dirinya berencana akan mengadakan karantina dengan mengumpulkan semua tim di dalam satu tempat selama perlombaan nanti berlangsung.

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

“Dengan adanya karantina tentunya sarana prasarana bisa lebih memadai dan pembinaan bisa lebih intensif. Namun, karantina itu juga harus dilakukan dengan izin dari orang tua atau wali masing-masing peserta,” urai Hadi.

Tak sampai disitu, Hadi juga menuturkan bahwa Dirmawa siap memfasilitasi secara hardware maupun software terkait dengan segala persiapan dan pelaksanaan PIMNAS mendatang.

“Kami (Dirmawa) akan melakukan pembimbingan, pendampingan, coaching, developing, menyediakan semua sarana dan prasarana, serta mengupayakan agar mahasiswa tidak mengalami kendala apapun terkait bidang akademik,” tutur Hadi.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Perihal hambatan selama persiapan, Hadi menyampaikan tidak menemukan kesulitan secara khusus. Hanya saja, dia mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 secara umum tentu menjadikan semua persiapan jadi terbatas.

Dengan berbagai persiapan yang tengah dilakukan, Hadi menargetkan UNAIR untuk masuk pada jajaran 3 besar dalam PIMNAS nanti.

“Intinya saya berharap kepada semua stakeholder di UNAIR turut mendukung semua finalis yang akan berlaga sebentar lagi. Mari berdoa dan membantu apa pun yang bisa kita bantu kepada finalis agar cita-cita bersama sebagai 3 besar terbaik dapat tercapai,” pintanya mengakhiri sesi wawancara. mbi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU