12 Gerai Alfamart dan Indomaret di Lamongan Jual Produk UMKM

Seorang ASN tengah membeli camilan produk UMKM di gerai Indomaret. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI,.com, Lamongan - Sebanyak 12 Gerai Alfamart dan Indomaret di Lamongan, resmi menjual camilan dan makanan ringan hasil produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sebagai langkah kongrit Pemkab setempat dalam upaya memulihkan ekonomi pasca pandemi Corona.

Ke 12 gerai itu, sebanyak 8 gerai diantaranya gerai Alfamart dan 4 gerai Indomaret yang tersebar di Kota Lamongan, telah mengakomodir produk UMKM, dan diharapkan keberadaanya terus kontiyu, sebagai langkah Lamongan dalam mengajak warganya untuk membeli produk asli Lamongan.

Penerimaan hasil produk UMKM warga Lamongan ini, seperti disampaikan oleh Moh Zamroni Kepala Disperindag melalui Arif Bakhtiar, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan diharapkan dapat mengangkat kembali ekonomi pasca pandemi covid-19.

"Iya produk UMKM di Lamongan mulai dipasarkan di Indomaret dan Alfamart. Hal itu merupakan wujud sinergi antara PT Indomarco Prismatama dan PT. Sumber Alfaria Trijaya dengan Pemerintah Kabupaten Lamongan," aku Arif panggilan akrab Kabag Prokopim, Senin (5/4/2021).

Meskipun belum semua gerai menerima hasil produk UMKM, namun Arif memastikan kalau semua gerai Alfamart siap menerima produk UMKM. 25 produk UMKM juga telah dikirim untuk diakurasi oleh PT Indomarco Primatama.

“Memang setiap toko modern berkewajiban mengakomodir produk UMKM, terutama dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi ini. Namun dalam kurun waktu dekat 25 produk sudah kami kirim ke Surabaya untuk diakurasi oleh Indomaret.” Jelas Arif.

Sebelumnya, bupati Yuhronur Efendi menyebutkan kalau beberapa produk UMKM Lamongan sudah ada yang bisa dibeli di beberapa Indomaret dan Alfamart, masyarakat diharapkan untuk ikut andil dalam membantu pemasaran produk UMKM, salah satunya membeli hasil produk asli Lamongan.

"Bismillah kedepan akan kita bantu UMKM dalam hal pemasaran. Sepertinya kolaborasi dengan para perantauan pecel lele yang ada di seluruh Indonesia ini bisa menjadi suatu hal yang menarik dicoba,” katanya. jir