106 Bumil di Sitobondo Sudah di Vaksin Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Agu 2021 11:10 WIB

106 Bumil di Sitobondo Sudah di Vaksin Covid-19

i

Sebanyak 106 orang ibu hamil di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur telah disuntik vaksin COVID-19. SP/Dinas Kesehatan Situbondo

SURABAYAPAGI, Situbondo-  Sebanyak 106 orang ibu hamil di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur telah disuntik vaksin COVID-19. Jumlah ini tercatat hingga 30 Agustus 2021, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo.

Dengan rincian, dari 106 ibu hamil itu 102 orang di antaranya mendapat dosis pertama dan 4 orang lainnya dosis kedua.

Baca Juga: Ratusan Pemudik asal Madura Padati Pelabuhan Jangkar

"Data vaksinasi ibu hamil akan terus bergerak, karena vaksinasi terhadap ibu hamil masih terus berlangsung," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Rina Widharnarini, Selasa (31/8).

Ia menjelaskan bahwa ibu hamil masuk ke dalam kelompok rentan terpapar virus corona, sama seperti dengan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas.

Kata Rina, ada beberapa persyaratan vaksinasi bagi ibu hamil, di antaranya usia kehamilan minimal 13 minggu sampai dengan 33 minggu. Tidak ada penyakit penyerta dan dilakukan pemeriksaan kehamilan sebelum disuntik vaksin.

Baca Juga: Pemkab Situbondo Gelar Gerakan Pangan Murah

"Vaksinasi bagi ibu hamil dalam pengawasan dokter di puskesmas atau di pusat layanan kesehatan lainnya, yang ada dokternya," ucapnya.

Menurut Rina, vaksinasi terhadap ibu hamil diserahkan kepada masing-masing puskesmas, menyesuaikan dengan kondisi masyarakat.

"Vaksinasi ibu hamil, kami serahkan kepada kebijakan masing-masing puskesmas, disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat setempat," ujarnya.

Baca Juga: Menyeberang ke Madura, Pelabuhan Jangkar Situbondo Mulai Batasi Kendaraan Logistik

Ia menambahkan, ada beberapa metode yang digunakan oleh puskesmas untuk menjaring ibu hamil agar bersedia divaksin, salah satunya melalui bidan desa setempat maupun melalui kelompok ibu hamil.

"Ada puskesmas yang menugaskan bidan desanya untuk mengantar ibu hamil ke puskesmas, bisa dua orang atau lebih. Ada pula melalui kelompok ibu hamil. Satu kelompok ada yang 10 sampai 20 orang," paparnya. st1/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU