1000 Kantong Beras Didistribusikan Polairud Polda Jatim Kepada Nelayan Bangkalan dan Gresik

Wadirpolairud Polda Jatim AKBP Mustofa bersama Kasubdit Patroli Perairan, AKBP Herlambang dan Kasi Patwal, Kompol Bintara membagi sembako kepada nelayan Bangkalan dan Gresik, Jumat (30/7/2021)

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pandemi Covid 19 cukup berdampak pada perekonomian warga. Untuk itu, Ditpolair Polda Jatim hadir untuk berbagi kepada mereka, Jumat (30/7/2021).

Saat anggota anggota Dipolair Polda Jatim merapat ke puluhan nelayan yang sedang melaut di perairan Selat Madura, mereka mendadak kaget mendatangi mereka.

Pasalnya, para nelayan tersebut tengah asyik mencari hasil laut di tengah gelombang ombak Selat Madura. Dari sebuah perahu tactical boat muncul tiga perwira polisi dari Ditpolairud Polda Jawa Timur yang mendekati para nelayan tersebut dan mengajaknya berbincang santai.

Dalam akhir perbincangan, Wadir Polairud Polda Jatim, AKBP Mustofa, Kasubdit Patroli Perairan, AKBP Herlambang dan Kasi Patwal, Kompol Bintara menyalurkan masker kain dan sebuah kantong beras berisi 5 kilogram kepada para nelayan. Diikuti ucapan terima kasih, nelayan yang mayoritas warga Madura dan Gresik itu melempar senyum kepada petugas.

"Kami melakukan upaya untuk terjun langsung ke para nelayan yang tengah melaut untuk menyalurkan bantuan pemerintah secara langsung saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat," kata Mustofa, Jumat (30/7/2021).

Setidaknya sudah ada sekitar 1000 kantong beras yang didistribusikan Polairud Polda Jatim kepada para nelayan tersebut. Selain menyalurkan bantuan beras itu, petugas juga memberikan edukasi terkait protokol kesehatan dan keselamatan yang tetap harus dilaksanakan saat melaut.

"Kami juga berikan edukasi terkait protokol kesehatan dan keselamatan di tengah laut," imbuhnya.

Petugas juga mengajak agar para nelayan mau mengikuti vaksinasi guna membentuk herd immunity melawan pandemi Covid 19.

Salah satu nelayan, Mustain (48), warga Socah, Bangkalan mengaku telah melaut sejak pukul 18.00 WIB di hari sebelumnya. Namun, ia baru mendapat enam ekor rajungan selama berada di tengah laut.

Kepada petugas, Mustain berucap terimakasih lantaran dapat membawa bekal pulang ke rumah untuk istri dan dua anaknya. "Saya terima kasih sekali. Ini rajungan sedang tidak musim. Jadi susah dapatnya. Baru dapat enam biji," akunya.

Kegiatan sosial tersebut bakal terus dilakukan petugas Dit Polairud Polda Jatim setiap hari dengan menyasar para nelayan yang tengah melaut di beberapa laut pesisir Jawa Timur. nt