Yerusalem Milik Israel, Yerusalem Timur Hak Palestina

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Jan 2020 10:03 WIB

Yerusalem Milik Israel, Yerusalem Timur Hak Palestina

SURABAYAPAGI.COM, -Donald Trump, Presiden AS mengatakan Kota Yerusalem akan menjadi ibu kota Israel, sebagai bagian dari peta jalan perdamaian Timur Tengah. Sedangkan Palestina akan diberikan hak untuk mengelola Yerusalem Timur sebagai ibu kota jika diakui sebagai negara.

Pernyataan itu disampaikan Trump dalam paparan bersama Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di Gedung Putih, Washington D.C., Rabu (29/1). Trump mengklaim usulnya menguntungkan Israel dan Palestina. Yakni dengan solusi dua negara yang menjadi jalan keluar untuk bangsa Palestina dan Israel.
Trump mengatakan Yerusalem Timur akan menjadi ibu kota Palestina. Menurut Trump, usul lain adalah AS dan Israel akan membentuk batas negara Palestina, jika mereka mau menolak segala bentuk aksi teror. Trump menyatakan usul itu tidak akan berdampak buruk bagi keamanan Israel.

Trump sudah mengajukan usul peta perdamaian Israel-Palestina sejak 2017. Saat itu dia menyatakan Yerusalem adalah ibu kota Israel dan membuka kedutaan besar di sana. Akan tetapi, Presiden Palestina Mahmud Abbas tetap menolak usul tersebut.
Trump juga menyatakan mengakui pendudukan Israel di wilayah Judea dan Samaria, Tepi Barat, serta Lembah Yordania. Koordinator utusan Palestina untuk Inggris, Husam Zomlot, mengecam klaim Trump soal peta jalan damai Israel-Palestina.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU