Wow, Tujuh Produk IKM Kota Mojokerto Tembus Pasar Ritel Alfamart

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Tujuh produk makanan ringan unggulan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Mojokerto akhirnya mampu menembus perusahaan ritel Alfamart.

Tujuh produk tersebut antara lain, Kacang Telur Brawijaya, Keripik Pisang Faza, Keripik Tempe Catur Kuti, Kerupuk Cassava, Onde-onde Ketawa Ranti Jaya, Sambal Goreng Kentang Rafda dan Kerupuk Ikan Tengiri.

Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Mojokerto, Fibriyanti Agsywara mengatakan, untuk tahap awal ada tujuh produk makanan ringan asli dari Kota Mojokerto yang lolos dijual di gerai Alfamart. "Alhamdulillah kemarin aturannya cuma lima produk saja, ini kok malah bisa nembus menjadi tujuh produk," ucapnya.

Yanti mengaku bersyukur, upaya untuk mengangkat merk produk lokal ke pasar nasional diapresiasi positif oleh pihak Alfamart. Terbukti dari usulan 18 produk, sudah dinyatakan lulus jual sebanyak 7 produk. "Sisanya yang 11 produk, masih menyusul kemudian, sembari kita evaluasi apa kekurangan dan kelebihan yang bisa di eksplor lagi," cetusnya.

Yanti menjelaskan, kriteria produk IKM agar bisa diterima di gerai Alfamart memang tak mudah. "Syaratnya harus memiliki perizinan produksi pangan industri rumah tangga, departemen kesehatan, sertifikasi halal MUI, dan BPOM," pungkasnya.dwi