WhatsApp Mendapat Update Fitur, Bantuan Google Assistant

SURABAYAPAGI.com – WhatsApp layanan perpesanan popular dunia sedang mendapatkan pembruan pembaruan segar akhir akhir ini. Dimulai dari update Multi-platfrom yang akan segera hadir, sebentar lagi akan hadir fitur baru yaitu pengguna tidak perlu mengetik lagi pesan dengan menggunakan keyboard.

Google Assistant yang bisa mempermudah pengguna WhatsApp untuk membalas pesan WhatsApp dengan hanya cukup berbicara dengan Google Assistant. Tidak perlu lagi aplikasi pihak ketiga.

Sebelumnya, Google Assistant dapat membaca pesan dari SMS dan Hangouts. Tetapi dengan fitur terbarunya, Google Assistant kini bisa memperluas kemampuannya untuk membaca dan membalas pesan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, Slack, Discord, GroupMe dan lain sebagainya.

Android Police melaporkan, untuk menggunakan fitur membaca dan membalas pesan WhatsApp pengguna terlebih dahulu harus memberikan akses kepada Google Assistant, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (5/8).

Google Assistant sudah tersedia langsung pada Android 5.0. Bila belum tersedia pengguna bisa mengunduhkan di Google Play Store atau Apple App Store.

Bila sudah terpasang, langkah selanjutnya melakukan setting bahasa yang akan digunakan. Untuk ini langsung buka aplikasi Google kemudian klik ’More’ yang ada di sudut kanan bawah. Pilih setting dan Google Assistant dan pilihlah bahasa yang akan digunakan.

Setelah rampung, kini tekan tombol ’Home’ yang lama. Hal ini akan memanggil Google Assistant dan perintahkan Google untuk mengirimkan pesan. Contohnya, Ok Google, kirim WhatsApp.

Google Assistant akan bertanya pada siapa pesan akan dikirimkan. Sebutkan nomor kontak atau nama yang ada di daftar kontak. Selanjutnya sebutkan pesan WhatsApp yang akan dikirimkan.