Waspadai Kerawanan Pilkada Saat ini, Di Masa Pandemi Covid 19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 31 Agu 2020 13:23 WIB

Waspadai Kerawanan Pilkada Saat ini, Di Masa Pandemi Covid 19

i

Kapolda Jatim Irjen Pol Muhammad Fadil Imran bersama Forkompimda menggelar rapat kordinasi di hotel bumi Senin (30/8/2020)

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pesta Demokrasi akan berlangsung di Jawa Timur sebentar lagi, untuk itu perlu persiapan. Dan Senin (31/8/2020), Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M.Si, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menggelar Rapat Koordinasi Operasi Mantap Praja Semeru 2020, dalam rangka Pilkada Serentak di Jawa Timur.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Mohammad Fadil Imran, M.Si menerangkan, selain menangani Covid-19, serta pemulihan ekonomi, Jawa Timur dihadapan pada pilkada serentak di Jatim. Dibutuhkan profesionalisme, integritas, serta kosistensi dan kewaspadaan tinggi agar bisa melaksanakan dengan baik.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Masih kata jendral bintang dua, Konsolidasi awal pilkada serentak di jatim ini diharapkan nantinya bisa berjalan aman, damai dan sejuk. pasalnya, Pilkada ini dilaksanakan di Pandemi Covid-19, bagaimana partisipasinya tinggi namun protokol kesehatan bisa diterapkan secara maksimal.

"Hari ini kita gelar rapat koordinasi awal pilkada serentak bersama Gubernur, Pangdam V Brawijaya dan Penyelenggara Pemilu. Sehingga pilkada serentak di Jatim bisa berjalan damai, aman dan sejuk," kata Kapolda Jatim, saat membuka Rapat Koordinasi Ops Mantap Praja Semeru 2020.

Situasi saat ini Jawa Timur sudah sangat aman dan kondusif, muda mudahan dengan konsolidasi ini tahapan pilkada serentak di jatim bisa berjalan dengan baik dan berkualitas dan melahirkan pimpinan yang juga berkualitas, harapnya.

Masih kata mantan sahli Kapolri ini, Polri siap menghadapi pengamanan pilkada jatim. Dalam pelaksanaan pilkada kapolres melaksanakan koordinasi bersama dengan TNI.

Junjung tinggi netralitas karena netralitas TNI/Polri menjadi harga mati. Serta melaksanakan tugas sebaik mungkin, pelajari indeks kerawanan dinamika melaksanakan antisipasi kerawanan bersama.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

Terapkan pilkada serentak dengan Physical Distancing, maksimalkan kampung tangguh semeru. Pahami cara cara menangani Covid-19, sinergitas TNI/Polri, Pemerintah, pengawas penyelenggara pemilu nantinya bisa mewujudkan pilkada damai, dan jawa timur semakin sejahtera.

Sementara itu, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, pihaknya meminta kepada seluruh jajaran mulai dari Kodim dan Koramil, jika ada perbantuan harus mengetahui peta kerawanan dan memetakan kerawan di pilkada serentak di jatim. Dandim dan Kapolres harus koordinasi sehingga konflik yang terjadi disuatu daerah akan cepat terselesaikan.

"Saya minta kepada seluruh Dandim dan Danramil untuk selalu melakukan koordinasi dengan Kapolres saat Pilkada serentak di Jatim. Agar situasi dan kondisi pilkada bisa berjalan aman dan sejahtera," ucap Pangdam V Brawijaya.

Lebih jauh Pangdam menjelaskan, TNI siap membantu pengamanan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. Jika diminta perbantuan oleh Polda Jatim maupun Polrestabes/ ta di Jatim.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Sedangkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 tahun ini berlangsung ditengah Pandemi Covid-19. Sehingga pihaknya meminta agar Tim Gugus Tugas harus mengupdate kondisi dan situasi di Kabupaten/ kota yang melaksanakan pilkada serentak di jatim.V

"Pilkada saat ini dilangsungkan di tengah pandemi covid-19, sehingga saya berharap tim gugus tugas bisa terus mengupdate data covid-19 di setiap daerah, khusunya di wilayah yang akan melangsungkan pilkada 9 Desember 2020," ucap Khofifah, dalam sambutannya.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Kejati Jawa Timur, Penyelenggara pemilu, Bawaslu dan KPU serta perwakilan Partai politik (parpol).nt

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU