•   Jumat, 3 April 2020
Peristiwa Nusantara

Waspada Puting Beliung & Angin Kencang

( words)
Dampak angin kencang dan puting beliung. Foto: SP/IST


SURABAYA PAGI, Surabaya - Bencana puting beliung dan angin kencang disertai hujan deras serta petir, masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan di sejumlah daerah di Jawa Timur.
“Angin puting beliung masih berpeluang terjadi sepekan ke depan di Jatim, bahkan mungkin disertai hujan deras dan petir,” kata Koordinator BMKG Jatim Nurhuda kepada wartawan, Jumat (23/11) di Surabaya.
Nurhuda yang didampingi Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda Taufik Hermawan mengatakan, BMKG Juanda Surabaya telah mengimbau masyarakat agar waspada dalam sepekan mengingat intensitas hujan disertai petir dan angin kencang diprediksi cukup berbahaya.
“Untuk potensi puting beliung dan angin kencang, kemungkinan terjadi pada siang, sore, atau malam hari,” kata Nurhuda.
Nurhuda menjelaskan, daerah yang berpotensi terancam bencana puting beliung disertai hujan deras dan petir yakni, wilayah Kabupaten Lamongan, Mojokerto, Pasuruan, Jombang, serta Situbondo. Kemudian Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Kota Mojokerto.
“Saat ini beberapa daerah di Jatim sudah mengalami musim hujan, di antaranya wilayah Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang serta Kota Batu dan sejumlah wilayah pegunungan lainnya,” tutup Nurhuda. Sb

Berita Populer