Wall Street Tergelincir

SURABAYAPAGI.com, New York - Mengutip CNBC, Kamis (2/8), indeks Dow Jones Industrial Average turun 81,37 poin menjadi 25.333,82 dengan penurunan pada saham Caterpillar dan 3M. S&P 500 ditutup lebih rendah 0,1% menjadi 2.813,36 karena sektor saham industri turun lebih dari 1%. Sedangkan indeks Nasdaq melawan tren dengan ditutup lebih tinggi 0,4% menjadi 7.707,29, berkat keuntungan dari saham Apple.
Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street tergelincir pada hari Rabu waktu AS karena kekhawatiran perdagangan baru antara AS dengan China, sehingga membebani pasar meski saham teknologi menguat. Selain itu, investor juga mencerna keputusan terbaru Federal Reserve tentang kebijakan moneter.
Wall Street melemah setelah sumber yang dekat dengan isu perang dagang mengatakan, pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan untuk menerapkan tarif 25% terhadap impor barang China senilai USD200 miliar, ini lebih tinggi dari yang sudah ditetapkan yaitu 10%.
"Isu ketegangan perang dagang sepertinya telah menjadi cerita sehari-hari. Minggu lalu, tentang eskalasi perang dagang dengan Uni Eropa," ujar Mike Baele, direktur pelaksana di US Bank Wealth Management.
Lanjut dia, meski data ekonomi AS kuat dan lebih besar, tetapi jika situasi ketegangan perdagangan terus meningkat bisa memilik dampak negatif terhadap saham. jr