•   Kamis, 23 Januari 2020
Otonomi Daerah

Walikota Ning Ita Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kota Mojokerto

( words)
Walikota Mojokerto Ika Puspitasari saat melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota  Mojokerto Masa Bakti 2018 - 2023, Kamis (10/10) pagi. Foto SMG/Dwy Agus Susanti


SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari melantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Mojokerto Masa Bakti 2018 - 2023, di Pendopo Graha Praja Wijaya, Kamis (10/10) pagi.

Pelantikan disaksikan langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak.

Dalam laporannya, Ketua Dekranasda Kota Mojokerto, Nur Hasanah Ahmad Rizal mengatakan Dekranasda memiliki tugas pokok melakukan pembinaan bagi pelaku kerajinan yang berbasis budaya dan kreatif. Tak hanya itu, Dekranasda juga bertugas menjadi fasilitator bagi pelaku IKM.

"Kita berharap keberadaan Dekranasda Kota Mojokerto nanti dapat berperan aktif dalam melakukan pembinaan perajin dan pelaku usaha. Sehingga nantinya dapat memberi sumbangsih daerah yang berbasis ekonomi kreatif," ujarnya.

Nur Hasanah juga menyadari jika banyak program yang perlu disempurnakan dan dioptimalkan. Sehingga pihaknya berharap dukungan penuh dari Pemkot Mojokerto untuk mewujudkan itu.

"Kita sudah bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, sehingga hari ini kita mampu menggelar Mojokraft dengan menampilkan pameran produk unggulan IKM dan UKM. Serta menggelar sejumlah lomba diantaranya lomba tari, lomba desain batik tulis, pesta menggambar landmark Kota Mojokerto serta parade Mojokerto yang mulai digelar hari ini sampai tanggal 13 Oktober nanti," terangnya.

Sementara itu, Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari selaku Pembina Dekranasda Kota Mojokerto dalam sambutannya mengucapkan selamat atas di kukuhkannya pengurus Dekranasda Kota Mojokerto.

"Saya berharap pengurus yang baru dilantik ini bisa mengemban amanat dengan sebaik-baiknya. Serta dapat memberi manfaat dalam membina, mendampingi dan mengawal program IKM di Kota Mojokerto agar menjadi lebih baik. Sehingga kedepannya bisa memberi kesejahteraan ekonomi bagi seluruh warga Kota Mojokerto," terangnya.


Image

Terpisah, Ketua Umum Dekranasda Provinsi Jawa Timur, Arumi Emil Elestianto Dardak mengatakan kunci keberhasilan setiap organisasi adalah adanya chemistry.

"Dari chemistry kita bisa membangun kedekatan berbasis kekeluargaan. Karena basic dari organisasi kita bukanlah birokratif dan administratif sehingga kedekatan kekeluargaan menjadi kunci yang sangat penting," tukasnya.

Arumi menegaskan jika pengukuhan ini merupakan momentum penting pengembangan kerajinan di Jawa Timur dan Kota Mojokerto khususnya.

Ia berharap Dekranasda Kota Mojokerto mampu menghimpun segenap potensi yang ada guna mewujudkan tujuan organisasi sebagai fasilitator bagi pelaku UKM dan IKM.

"Keberadaan kita ini adalah sebagai mitra pemerintah. Bukan untuk membebani melainkan untuk meringankan. Terutama dalam menjembatani antara kepentingan pemerintah dengan pelaku usaha," pungkasnya.dw

Berita Populer