Walikota Kediri Dorong ASN Beri Pelayanan Terbaik

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Dalam acara Expose Penyampaian Monitoring Pelayanan Publik di Kota Kediri, di Aula Dinas Pendidikan Kota Kediri, Kamis (26/12/2019), Wali Kota Kediri Abdullah Abu Akbar memberikan penghargaan kepada OPD layanan Publik dengan nilai baik.

Pada kategori kelurahan berhasil diraih oleh Kelurahan Mrican dengan nilai 2,92 dan Kelurahan Kampungdalem dengan nilai 2,84. Untuk kategori puskesmas diraih oleh Puskesmas Kota Wilayah Selatan dengan nilai 4,08 dan Puskesmas Kota Wilayah Utara dengan nilai 4,05. Pada kategori OPD berhasil diraih oleh RSUD Gambiran dengan nilai 4,11 dan Dispendukcapil dengan nilai 3,68.

Dalam sambutannya, wali kota menekankan kepada seluruh ASN agar memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, pemerintah fokus dalammemanage Kota Kediri semakin baik. Termasuk, bagaimana memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, dan tepat.

“Saya melihat pelayanan itu seperti bagaimana kita ingin dilayani. Nah tolong itu diaplikasikan di instansi masing-masing. Kita harus keren dibandingkan daerah-daerah lain,” ujarnya.

Wali kota juga meminta agar ASN mengenali kondisi Kota Kediri dan masyarakat yang dilayani.

“Pelayanan harus bagus, kotanya harus keren dan pluralismenya terjaga dengan baik. Jadi orang masuk ke Kediri merasacozy. Kalau kita buka data statistik penduduk di Kota Kediri ini sebesar 75 hingga 80 persen adalah usia produktif. Artinya mereka ini pegang gadget bisa memperoleh layanan online. Nah untuk yang 25 persen ini manginginkan pelayanan konvensional. Jadi pelayanan manual harus bagus dan terus dibenahi,” jelasnya.

Mas Abu sapaan akrab wali kota mengungkapkan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah percepatan pelayanan. Karena sekarang masyarakat sangat aktif dan berharap pelayanan terbaik.

Karena sekarang masyarakat sangat aktif dan berharap pelayanan terbaik. Saat ini banyak masyarakat complain melalui sosial media.

Terakhir, walikota menambahkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kota kediri sebesar 3,41 masuk dalam kategori baik. Targetnya ditahun 2024 nilai IKM Kota Kediri sebesar 3,80 atau kategori sangat baik. Untuk itu, walikota mengajak seluruh ASN untuk berkolaborasi membangun sistem yang keren dan bagus. Sehingga, mempermudah dalam pengambilan kebijakan dan apa yang harus diprioritaskan.