Wagub Emil Dardak Diusulkan Pimpin Demokrat Jatim

Emil Dardak, Renville Antonio dan Bayu Airlangga saat Rakorda Partai Demokrat Jatim di Hotel Bumi, Minggu (20/9/20).SP/Riko Abdiono

SURABAYAPAGI, Surabaya - DPD Partai Demokrat Jawa Timur menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) serta Peringatan HUT ke-19 Partai Demokrat di Hotel Bumi Surabaya, Minggu (20/9/20). Dalam acara yang menggunakan protokol Covid-19 ini, membahas strategi pemenangan Pilkada 2020 sekaligus pengumuman pengurus DPD PD Jatim baru hasil Validasi.

 Rakorda dipimpin langsung Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio beserta Sekretaris DPD Bayu Airlangga, Bendahara Sri Subiati dan Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar. Hadir pula Ketua dan Sekretaris dari 38 DPC Partai Demokrat seluruh Jawa Timur dan juga seluruh anggota Fraksi PD DPRD Jawa Timur sebagai peserta.

 Namun yang lebih menarik, dalam kesempatan itu hadir juga Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak sebagai kader Demokrat. Mantan Bupati Trenggalek ini kini dipercaya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD PArtai Demokrat di kepengurusan yang baru. Dengan menggunakan baju Kebesaran Partai Demokrat warna Biru, Emil Dardak juga memberikan sejumlah pandangan terhadap masa depan Partai. Diantaranya tentang persiapan Rapat Pimpinan Nasional yang sedianya digelar Jumat (25/9/2020) serta strategi kemenangan Partai Demokrat di Pilkada 2020.

Munculnya Emil Dardak sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Demokrat Jatim cukup menarik perhatian mayoritas pengurus DPC yang hadir. Bahkan muncul sejumlah harapan dari beberapa Ketua DPC yang mengusulkan agar Emil Dardak bisa menggantikan posisi Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim yang saat ini masih dijabat Renville Antonio. Hal ini mengingat, Renville Antonio telah dipercaya sebagai Bendahara Umum DPP Partai Demokrat. 

 Usulan agar Emil Dardak memimpin secara definitif DPD Partai Demokrat Jatim ini dilontarkan oleh Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo Juana Sari, Ketua DPC PD Trenggalek Mugianto, Ketua DPC PD Banyuwangi Michael Edy Hariyanto dan lainnya. “Harapan kami Mas Emil Dardak bisa memimpin Partai Demokrat Jawa Timur. Beliau layak dan mumpuni untuk membawa kebesaran Partai Demokrat di masa yang akan datang,” papar Mugianto, Ketua DPC Trenggalek disela acara Rakorda tersebut.

Sementara itu, Renville Antonio, Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim langsung menanggapi suara-suara dari DPC tersebut. Mendengar harapan-harapan itu, Ia akan segera melaporkan ke DPP. “Harapan dari DPC itu segera melaporkan ke DPP dan sepertinya memang harapan DPC sudah seirama dengan keinginan DPP,” sahut Renville.

Dijelaskannya, figur Emil Dardak memang sudah cukup lama bersama-sama dengan Partai Demokrat. “Sejak di pilkada Trenggalek lalu kemudian Pilgub Jatim Mas Emil selalu bersama-sama dengan Partai Demokrat,” pungkas mantan Anggota DPRD Jatim ini. rko