Video Viral Pengendara Motor Melintas di Atas Makam, Polisi Bergerak Cepat

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -​ viral video dua pengendara motor melintas di atas tanah makam langsung mendapat tindakan hukum dari pihak kepolisian.


Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menjelaskan dimana pihak kepolisian telah mengambil langkah hukum dengan memanggil lima pemuda tersebut.


Mereka adalah: JDN,18, pelajar, warga Dusun menangas Wetan Desa Kebonrejo ( berperan sebagai pengendara sepeda motor), HM,18th, pelajar, alamat Dusun Menangas Wetan Desa. Kebonrejo ( berperan sebagai pengendara sepeda motor), FW, 18, pelajar, alamat warga Dusun Menangas Wetan Desa Kebonrejo ( berperan sebagai pengambil gambar / video ) dan UMAR FARUQ, 29, swasta, warga Dusun Menangas Kulon Desa Kebonrejo ( berperan sebagai yang menyebarkan / memviralkan ). Video remaja main sepeda motor di areal kuburan Dusun. Menangas Kulon Desa Kebonrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan yang menjadi viral di media sosial dan berdampak mendapat komentar negatif.


Melihat ini Kapolres Pasuruan Kota langsung mengambil langkah hukum,kendati tak ada laporan dari masyarakat. Tak hanya itu, berdasarkan cyberpatrol, yang ada di wilayah Jawa Timur, melakukan antisipasi kejadian yang berpotensi rusuh, dan ancaman kejahatan lainnya, polisi mendatangi kelima pemuda tersebut, dimana pada pukul 20.00 wib. Melaksanakan pulbaket terhadap Supandi ( kades Kebonrejo ) bahwa pada hari rabu tanggal 24 juli 2019 pukul 19.00 wib diketahui telah viral video 2 remaja main sepeda motor di areal kuburan yg di upload di Instagram dengan akun kemudian Pihak Kades dan perangkat Desa membantu untuk menyelidiki siapa yang ada di video tersebut.


Dan, pukul 20.15 wib, telah melaksanakan Lidik terhadap Hairul warga Desa Kebunrejo kecamatan Grati Kabupaten. Pasuruan. Dimana peristiwa itu benar bahwa video yang ada di Instagram di akun lambe_turah adalah areal pemakaman umum Dsn.


Menangas Desa. Kebun Rejo Kecamatan. Grati Kabupaten Pasuruan. dan Kedua remaja yang naik sepeda motor diatas kuburan Sidan Putra dari carik Purnomo Desa Kebunrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dan Haris anak dari Khusen pekerjaan tukang becak.


Selanjutnya, pukul 20.45 wib. Petugas bersama Kades dan perangkat Desa Kebonrejo memanggil beberapa remaja yang diduga sebagai pelaku main sepeda motor di areal kuburan Dusun Menangas Kulon Desa Kebonrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan untuk dikumpulkan di Balai Desa Kebonrejo.


Dan Pukul 21.25 Wib, telah dilaksanakan interogasi awal terhadap remaja yang diduga sebagai pelaku main sepeda motor di areal kuburan Dusun Menangas Kulon Desa Kebonrejo Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan dengan hasil, Bahwa memang benar, pengambilan gambar / video main sepeda motor di areal kuburan dilakukan oleh 3 remaja diantaranya Jidan, Harus, dan Fani, dengan pembagian tugas Jidan dan Haris Maulana sebagai pengendara sepeda motor dan Fani Wahyudi sebagai pengambil gambar / video sedangkan Umar Faruq yang menviralkan ke media sosial.


Selanjutnya, video tersebut diambil sekitar bulan maret 2019 ( sebelum puasa Ramadhan ) dan diviralkan Umar Faruq pada hari Kamis tgl 24 juli 2019 sekitar pukul 16.00 wib. yang mana pertama kali diupload ke groub WA dan selanjutnya masuk dan terupload oleh akun instagram "Lambe turah" dan menjadi viral. Dan, Pukul 21.45 wib. Selanjutnya keempat remaja tersebut dibawa ke Polsek grati untuk dilakukan pemeriksaan.


Dan secara hukum sosial, itu sangat menyakitkan keluarga yang memiliki kuburan, makanya kita sebarluaskan ke media sosial untuk mengambil langkah masyarakat.


Disinggung apakah mereka melakukan ini dengan sengaja? Mereka itu khilaf dan iseng. Dan polisi melihat itu akan berpotensi ancaman di masyarakat. Makanya, hukum itu tak harus mempenjarakan seseorang, kita ambil langkah hukum dengan mengambil memeriksa pelaku, itu sudah langkah hukum.nt