Usai Karhutla, Australia Diterjang Badai Debu dan Es

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Jan 2020 09:58 WIB

Usai Karhutla, Australia Diterjang Badai Debu dan Es

SURABAYAPAGI.COM, -Setelah kebakaran hutan, sejumlah kawasan di Australia kini tengah mengalami hujan es dan petir. Sementara negara bagian New South Wales diselimuti badai debu dengan kecepatan 107 kilometer per jam.

Badai hujan es menghantam ibu kota Canberra pada Senin (20/1). Badai yang terjadi bahkan membuat pohon tumbang. Layanan darurat memperingatkan warga untuk memindahkan kendaraan dari pohon dan jalur aliran listrik. Badan Meteorologi memperingatkan warga di negara bagian New South Wales untuk bersiap menghadapi badai yang mulai bergerak dari arah timur ke tenggara.
Hujan es disertai petir juga terjadi di selatan kota Melbourne pada Minggu (19/1) malam. Pihak berwenang memperingatkan potensi bahaya baru yang muncul dengan turunnya hujan.

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews mengatakan hujan yang turun berarti membuat kondisi jauh lebih berbahaya, terutama bagi mereka yang mengoperasikan alat berat untuk masuk ke daerah yang rusak akibat karhutla.

Ancaman tanah longsor akibat hujan deras juga bisa mempersulit upaya membuka jalan yang tertutup.
Perubahan cuaca ekstrem ini menelan korban luka-luka. Dua orang wisatawan yang mengunjungi Blue Mountains dilarikan ke rumah sakit setelah terkena sambaran petir ketika tengah bersandar di pagar logam.
Kebakaran hutan yang terjadi sejak September 2019 membuat kunjungan wisatawan ke Australia turun sebanyak 10 hingga 20 persen.

Hingga saat ini kebakaran hutan telah menghancurkan lebih dari 2.600 rumah, ratusan juta hewan mati terpanggang, dan sekitar 29 orang dilaporkan hilang.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU