UNBK Tingkat SMK di Lamongan Sempat Error 20 Menit

SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Lamongan, sempat mengalami gangguan karena disebabkan komputer mengalami eror. Kondisi seperti ini membuat panik dewan guru dan siswa, apalagi eror jaringan ini sampai 20 menit lamanya.
Namun hingga berita ini ditulis, baik dewan guru maupun Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur di Lamongan, enggan menyebutkan lembaga sekolah mana yang jaringan internetnya sampai eror tersebut.
Namun demikian, pihak Dinas Pendidikan mengiyakan kalau di wilayahnya ada sekolah yang alami gangguan pada internetnya. "Iya benar, di Sekaran sama Sukodadi,” kata Sri Hartati, Kepala Seksi PMA/PMK/PKLA, Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongandi kantornya Jl. KH Ahmad Dahlan Lamongan, Selasa (3/4).
Ujian berbasis komputer tersebut memang mengandalkan jaringan internet yang menjadi akses dalam pengisian soal, sehingga kendala teknis jaringan menjadi persoalan tak bisa dielakkan.
Sayangnya, pihak Disdik Provinsi Jawa Timur Wilayah Lamongan, tak bersedia mengungkapkan, dua SMK yang sempat merasakan terkendala jaringan yang eror saat pelaksanaan UNBK tengah berlangsung. "Info dari tim kami, 1 di Sukodadi dan 1 Sekaran," tutur Sri tanpa bersedia merinci.
Sri menjelaskan, kendala tersebut akibat jaringan internet yang sempat ada trouble dari provider atau proktor, yakni petugas yang menjadi operator server UNBK yang menyediakan soal-soal di komputer. "Penyebabnya macam-macam, Proktornya, tapi sudah tertangani semua," aku Sri.
Kendati demikian, kendala tersebut tidak membuat siswa-siswi panik. "Sudah ditangani, tidak perlu datang ke sekolahnya tapi ke jaringannya saja," jelasnya.jir