UEA Dukung Koalisi Saudi Berangus Separatis di Yaman

Perdana Menteri Yaman, Ahmed bin Dahr melalui laman Facebooknya meminta bantuan kepada negara-negara Arab untuk turun tangan dan membantu menyelamatkan Aden dari kelompok separatis. ABU DHABI, Ahmed Mustofa.
Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan dukungan terhadap koalisi pimpinan Arab Saudi untuk memberangus kelompok separatis Dewan Transisi Selatan (STC) di Yaman Selatan, yang saat ini menduduki Ibu Kota sementara Yaman, Aden. STC adalah kelompok yang memiliki hubungan baik dan mendapat dukungan dari UEA.
"Posisi UAE pada kejadian di Yaman selatan jelas dan berprinsip dalam mendukung aliansi Arab yang dipimpin Arab Saudi dan tidak ada pengecualian bagi mereka yang mencari penghasutan," kata Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, seperti dilansir Al Arabiya.
Seperti diketahui, STC semalam melakukan serangan dan mulai menduduki Aden. Kelompok itu kemudian mendesak agar Presiden Yaman, Abd-Rabbu Mansour Hadi membubarkan kabinetnya.
Setidaknya 15 orang tewas dalam serangan itu, termasuk tentara Yaman dan juga warga sipil. Serangan itu juga diketahui melukai lebih dari 30 orang lainnya.
"Mereka bergerak secara militer, mendirikan pos pemeriksaan militer baru dan menyerang kubu legitimasi (pemerintah). Ini adalah masalah serius dan koalisi dan orang-orang Arab secara keseluruhan harus bergerak untuk menyelamatkan situasi. Masalahnya ada di tangan mereka dan harapan, seperti yang kita lihat di pemerintahan, saat ini bergantung pada UEA," kata Ahmed bin Dahr. 06