Tutup Kantor, Nasdem Khawatirkan Dampaknya

Surabaya Pagi, Jakarta - Ketua DPP Partai NasDem Okky Asokawati meminta pemerintah membuat kebijakan turunan untuk mengantisipasi terjadinya persoalan baru di tengah kondisi darurat COVID-19 ini.

Terutama kebijakan penutupan kantor yang akan mempengaruhi dampak di sektor dunia usaha yang melibatkan banyak pekerja.

“Pemerintah harus membuat kebijakan turunannya. Misalnya, jika kantor tutup, bagaimana nasib perusahaan? Bagaimana nasib pekerja? Bagaimana pula dengan pekerja informal yang mengandalkan pendapatan harian? Ini harus dibuat formula agar tidak memunculkan masalah baru di kemudian hari,” kata Okky, akhir pekan ini.

Upaya yang dilakukan pemerintah menurutnya tidak cukup untuk mengatasi persoalan ini. Peran pihak swasta dan masyarakat sipil menjadi simpul penting untuk akselerasi kerja bersama lawan corona.

“Upaya itu sudah tampak, tinggal diperkuat dan diperkokoh,” tutur mantan Anggota Komisi IX DPR ini.

Okky menilai, sepekan terakhir ini koordinasi tersebut mulai terbangun dengan baik. “Kebijakan pemerintah yang mengalokasikan anggaran Rp4,5 triliun untuk penerima kartu sembako dan Rp10 triliun untuk pekerja harian harus dibuat sistem yang baik, transparan, akuntabel dan berbasis data yang akurat.

Di poin ini kolaborasi pemda dan pemerintah pusat sangat penting,” tegasnya