Turki Ambil Bagian di CIIE Kedua

SURABAYAPAGI.com - Ikut ambil bagian dalam ajang pameran perdagangan CIIE kedua, Turki miliki segenggam harapan untuk bisa jalin kerjasama baru dan kontrak dengan perusahaan-perusahaan China lainnya.

Untuk itu, Turki terus berusaha dalah satunya dengan menambah partisipan dari berbagai perusahaan di Turki. Ditahun ini, Turki menambah kuantitas perusahaan yang akan dipamerkan di CIIE dengan prosentase 40%.

Perusahaan dari negara Turki yang mengikuti CIIE ini umumnya berspesialisasi dalam kosmetik, porselen, perlengkapan dan peralatan dapur, tekstil, makanan, elektronik, dan produk dan layanan medis.

Selain itu, Turki juga menyediakan tempat bagi perusahaan makanan pertanian. Mereka nantinya akan mempresentasikan produk mereka di bawah spanduk "Selera Turki," untuk mengundnag pengunjung menikmati kelezatan kuliner tradisional Turki.

Sementara itu, Majelis Eksportir Turki (TIM) mengatakan perusahaan Turki telah menunjukkan "minat yang sangat kuat" pada CIIE mendatang dan berencana untuk menandatangani lebih banyak perjanjian perdagangan dengan rekan-rekan Cina mereka.

Sebanyak 38 perusahaan Turki berpartisipasi dalam CIIE pertama dan menyelesaikan transaksi dagang senilai 620 juta dolar AS, menurut TIM.

Saat ini, ada sekitar 1.000 perusahaan Cina yang beroperasi di berbagai bidang di Turki, menunjukkan tekad kedua negara untuk memperdalam kerja sama.

CIIE kedua diharapkan akan diikuti oleh lebih dari 170 negara, wilayah dan organisasi internasional, serta lebih dari 3.000 perusahaan dan 400.000 importir.