Tragis Kecelakaan Maut Wakil Jaksa Agung, Tabrak Pembatas Tol Hingga Mobil

SURABAYAPAGI.com, Jakarta -Kecelakaan tragis dialami Wakil Jaksa Agung RI Arminsyah di KM 13 Tol Jagorawi. Peristiwa tragis itu mengakibatkan orang nomor dua di Kejaksaan Agung meninggal dunia.

Dilansir dari laman detikcom, kecelakaan itu terjadi pada Sabtu 4 April 2020. Arminsyah saat itu diketahui mengemudikan mobil Nissan Skyline GT-R R35 bernopol B-9-PAF.

Mobil melaju dari arah Ciawi menuju Jakarta berjalan di lajur 4. Belum diketahui apa penyebabnya, mobil sport tersebut kemudian menabrak pembatas median jalan.

"Diduga di lajur 4 menabrak pembatas median tengah dan kendaraan terbakar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).

Kecelakaan tersebut mengakibatkan mobil terbakar. Sayangnya, Arminsyah meninggal dalam peristiwa tersebut.

"1 pengemudi meninggal dunia di TKP," ujar Yusri.

Jenazah Arminsyah kemudian dievakuasi ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Sementara mobilnya hangus terbakar. Bangkai kendaraan selanjutnya dievakuasi ke Unit Laka Ditlantas Polda Metro Jaya di Pancoran, Jakarta Selatan.

Peristiwa tersebut sempat menimbulkan kemacetan hingga 1 Kilometer menjelang lokasi kejadian. Jasa Marga dan pihak terkait selesai melakukan penanganan kecelakaan pada pukul 15.25 WIB.

Selain Arminsyah, di dalam mobil tersebut diketahui ada 1 orang penumpang lainnya. Belum diketahui siapa identitas penumpang tersebut, namun pihak Jasa Marga mengonfirmasi penumpang tersebut berjenis kelamin laki-laki.

"1 korban luka ringan dibawa ke RS Bina Husada Cibinong," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (4/4/2020).

Kepergian Arminsyah ini meninggalkan duka mendalam bagi Korps Ahyaksa. Jampidum Kejagung RI Sunarta menyebut Arminsyah sebagai sosok pimpinan yang menjadi panutan di Korps Adhyaksa.

"Kita berduka semua, kehilangan, karena beliau orang baik dan pemimpin kita yang jadi panutan kita semua. Kami jajaran Pidum pasti kehilangan," jelas Jampidum Sunarta saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/4/2020).

Sunarta mendengar kabar duka tersebut siang tadi. Ia pun merapat ke rumah duka di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

"Saya langsung ke rumah duka," imbuh Sunarta.

Jaksa Agung ST Burhanuddin juga telah mendengar kabar duka tersebut. Ia tengah menuju ke rumah duka.

Arminsyah dikenal sebagai salah satu ujung ujung tombak reformasi kejaksaan. Keberhasilan mengangkat citra korps dengan menyabet predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan RB) birokrasi, merupakan bukti totalitas kerja almarhum.

Pria yang gemar olahraga sepeda itu juga selalu mendorong pemanfaatan sarana dan perbaikan sistem informasi dan teknologi (IT) di institusi yang membesarkan namanya. Berkat konsistensi dan kerja kerasnya, Kejaksaan menjadi salah satu lembaga negara yang modern dan terpercaya.

Mantan Jaksa Agung Muda Intelijen yang juga pernah dipercaya sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur dan Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung, itu punya gagasan menarik terkait upaya membangun manusia melalui 5 kecerdasan, yaitu kecerdasan fisik, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan semangat spiritual.

Arminsyah akan dimakamkan pagi ini di TPU Pedongkelan Cengkareng, Jakarta Barat pada pukul 08.00 WIB. Jenazah almarhum akan dikebumikan di samping makam ibunda tercinta.

Wakil Jaksa Agung RI Arminsyah tewas dalam kecelakaan di Km 13 Tol Cibubur. Jenazah Arminsyah akan dimakamkan pada Minggu, 5 April 2020.

"Almarhum akan dikebumikan pada Minggu, 5 April 2020, pukul 08.00 WIB," ujar Kapuspenkum Kejagung RI Hari Setiyono, Sabtu (4/4/2020).

Jenazah akan dimakamkan di TPU Pedongkelan, Cengkareng, Jakarta Barat, di sebelah makam ibunda tercinta. Saat ini almarhum disemayamkan di rumah duka di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

"Semoga almarhum husnul khotimah aamiin yaa robbal’alamiin," tutur Hari.

Kecelakaan terjadi sekitar pukul 14.40 WIB di Km 13 Tol Cibubur. Saat itu Arminsyah mengemudikan mobil Nissan GT-R berwarna putih.

Mobil melaju di lajur 4. Tiba-tiba kendaraan menabrak pembatas tol dan mobil terbakar.

Akibat kecelakaan ini, Arminsyah meninggal dunia. Sementara satu orang penumpangnya dilarikan ke RS Bina Husada.

Polisi melakukan olah TKP di lokasi kejadian. Akibat kecelakaan tersebut, sempat terjadi kemacetan hingga 1 kilometer.(dc/cr-01/dsy)