•   Jumat, 3 April 2020
Ekonomi China

Tradisi Yee Shang untuk Sambut Imlek

( words)
Perayaan Yee Shang di Wyndham Surabaya.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sudah jadi tradisi jika malam pergantian tahun baru imlek dirayakan dengan makan-makan. Baik di Mall, Restoran, juga Hotel. Semua berlomba menyajikan menu terbaik yang mereka miliki. Salah satunya Wyndham Hotel Surabaya. Makanan khas imlek seperti Salmon Yee Shang, Dim Sum Corner, Duck Szechuan, dan Mantau telah dipersiapkan secara spesial.

Executive Chef Wyndham Surabaya, Indra Herawan menjelaskan, Yee Shang ini merupakan salad ikan salmon segar dengan berbagai sayuran seperti lobak wortel yang diiris halus, jahe, buah dan kulit jeruk bali, kacang tanah, madu, lemon juice, dicampur dengan minyak wijen dan saus plum.

"Tradisi Yee Shang ini memiliki makna keberkahan dan kemakmuran bagi orang yang memakannya," katanya.

Cara menikmatinya pun unik, yaitu sayuran yang ada dalam masakan tersebut diaduk-aduk dan diangkat setinggi-tingginya. "Filosofinya adalah semakin tinggi mengangkat sayurannya, maka makin makmur, lancar rejeki, jodoh, pekerjaan, juga kehidupan rumah tangga," tambahnya.

Lebih lanjut Chef Indra menjelaskan, bahan-bahan yang digunakan membuat Yee Shang memang ada hubungannya dengan tradisi imlek dan memiliki makna masing-masing.

"Seperti madu di ibaratkan semakin lengketnya hubungan rumah tangga, jahe agar lebih harmonis, wortel biar lebih berkah, ikan salmon agar terus menerus mengalir rejeki, dan lain sebagainya," pungkasnya.indra

Berita Populer