•   Jumat, 10 April 2020
Peristiwa Nusantara

Tol Pandaan-Malang, Dibuka Fungsional sejak Jumat ini

( words)
Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo.


Ruas Tol Pandaan-Malang akan dibuka fungsional saat angkutan Natal dan Tahun Baru 2019. Pembukaan ruas tol baru itu untuk mengurangi kemacetan di jalur Pandaan-Malang dan sebaliknya.
Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo mengatakan, Tol Pandaan-Malang berlaku fungsional selama 10 hari sejak 21 Desember hingga 1 Januari 2019. "Waktu operasionalnya hanya dari pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore, karena kalau malam hari belum ada lampu penerangannya," katanya, Kamis (20/12/2018).
Ruas tol yang difungsikan kata dia, dari pintu tol Pandaan Pasuruan sampai Karanglo Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, sepanjang 30 kilometer, dan sebaliknya.
"Untuk sementara, yang boleh melewati tol fungsional hanya kendaran golongan I, dan kecepatan saat melintas maksimal 40 kilometer per jam," terangnya.
Tol Pandaan - Malang terdiri dari lima seksi dengan nilai investasi mencapai Rp 5,97 triliun. Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, seksi 2 Purwodadi-Lawang, seksi 3 Lawang-Singosari, seksi 4 Singosari-Pakis, dan seksi 5 Pakis-Malang.
Tol Pandaan - Malang dibangun sepanjang 38,48 kilometer itu ditargetkan beroperasi pada triwulan pertama Tahun 2019. Sementara hingga saat ini, progres konstruksi secara keseluruhan masih mencapai 75 persen. pri/rmc

Berita Populer