•   Sabtu, 4 April 2020
JawaTimur

Tol Pandaan - Malang Bisa Ditempuh 45 Menit

( words)
Tunggu diresmikan presiden, Jalan Tol Pandaan – Malang siap beroperasi. (Foto: SP/IST)


SURABAYAPAGI.com - Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur memastikan dengan beroperasinya Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1 hingga 3, akan sangat membantu masyarakat. Terlebih pada puasa dan lebaran nanti, jalan tol Pandaan - Malang sepanjang 30,6 KM itu yang sedianya ditempuh dalam waktu 2-3 jam, dengan adanya tol tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu 45 menit.
Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur Gatot Sulistyo Hadi mengatakan, Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1 hingga 3 sudah siap dioperasikan, setelah mendapat proses sertifikat layak operasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Hanya saja hingga saat ini masih menunggu jadwal peresmian dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
"Jalan tol ini sudah ditunggu masyarakat, mengingat volume kendaraan sudah sangat padat di jalanan nasional. Bahkan cenderung berhenti khususnya di Lawang dan menjelang masuk Singosari," katanya pada Surabaya Pagi, Senin, (22/4)
Selain itu lanjut Gatot dengan menggunakan jalan nasional jaraknya juga lebih lama yakni, 2-3 jam. Sementara jalan tol Pandaan - Malang sepanjang 30,6 Km relatif bisa ditempuh lebih singkat yakni 45 menit.
Sebagai informasi jalan tol Pandaan - Malang 30,6 KM saat ini siap beroperasi dengan mengantongi sertifikasi layak operasi (SLO). Bahkan sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah melakukan peninjauan ke lokasi jalan tol, untuk menilai apakah memenuhi kriteria standar pelayanan minimal sebagai syarat salah satu pengeluaran rekomendasi sertifikat layak operasi.
Jalan tol Malang-Pandaan, terdiri dari 5 seksi dengan total panjang mencapai 38 kilometer. Pada seksi 1 menghubungkan Pandaan sampai Purwodadi, seksi 2 dari Purwodadi hingga Lawang, dan seksi 3 Lawang ke Singosari dengan pintu keluar di Karanglo.
Sementara itu untuk seksi 4 membentang dari Singosari ke Pakis, di seksi terakhir (seksi 5) dari Pakis sampai Kota Malang, hingga keluar di kawasan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang.
Gatot berharap jalan tol Pandaan - Malang ini segera bisa diresmikan Presiden RI agar saat bulan puasa dan lebaran bisa dimanfaatkan untuk jaluk mudik.

Berita Populer