TK Nurul Fikri Ajak Ortu Membaca Bersama Anak

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Sekitar 200 siswa TK Nurul Fikri, Sukodono Sidoarjo, memenuhi paseban Alun-Alun Sidoarjo, Sabtu (7/9). Mereka membaca buku kesukaan bersama orang tua (ortu) dalam program Inspiring Parents Pesta Literasi Nurul Fikri.
Kepala Sekolah KB-TKIT Nurul Fikri, Jamilatun Heni mengatakan kegiatan ini digelar agar anak-anak lebih bersemangat untuk mencintai buku dan gemar membaca. Tujuannya, meningkatkan minat baca anak. ’’Ayah bunda juga kami undang. Mereka berdua punya peran bercerita kepada buah hati,” ujarnya.
Agar semakin meriah, Heni bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo dalam persediaan buku bacaan. Dengan begitu, para anak didik bisa memilih beragam jenis buku yang disenangi. ’’Kami datangkan juga penggiat literasi,” ucapnya.
Heni berharap budaya literasi anak tumbuh sejak dini. Mereka semakin gemar membaca sehingga perbendaharaan kata terus bertambah. Hal itu akan berdampak positif pada kemampuan komunikasi yang semakin lancar. ’’Jadi senang bercerita dan tidak pendiam. Di sekolah, kami sudah siapkan perpustakaan. Ada 5.000 jenis buku. Jadi sangat mendukung literasi ini,” tuturnya.
Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Drs Asrofi yang membuka kegiatan itu mengatakan pihaknya sangat mendukung budaya literasi ditanamkan anak sejak dini, karena dengan gemar membaca akan membuka cakrawala anak mengenai dunia sekeliling dan ilmu pengetahuan. "Budaya litersi ini akan kami gaungkan ke Sidoarjo secara formal, kami akan terbitkan peraturan bupati mengenai kewajiban membaca disekolah dengan melibatkan orang tua siswa," katanya. sg