Tipu Warga, TNI Gadungan Diamankan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 29 Jun 2020 21:37 WIB

Tipu Warga, TNI Gadungan Diamankan

i

Tentara gadungan yang diamankan warga diserahkan ke Polsek Glagah.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi – Seorang tentara gadungan yang melakukan penipuan terhadap warga dengan modus dapat meloloskan menjadi pegawai PT KAI diringkus polisi.

Bermodalkan kaos doreng dan potongan rambut cepak, pria 44 tahun itu berhasil meminta sejumlah uang kepada warga yang anaknya ingin masuk ke perusahaan BUMN itu.

Baca Juga: Tipu Rekanan dengan Modus Kontrak Fiktif Rp 11 M, 2 Bos PT MBS Ditahan

Pelaku diketahui bernama Mashuri, (44) warga Desa Watukebo, Blimbingsari, Banyuwangi.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan pelaku awalnya diamankan warga di wilayah Lingkungan Watu Ulo, Kelurahan Bakungan, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, pada Kamis (25/6/2020).

Warga yang mengamankan merupakan kerabat dan tetangga korban. Kemudian datang Babinsa setempat yang kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas. Selanjutnya pelaku diamankan ke Polsek Glagah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Warga mengamankan seseorang yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dengan modus menjanjikan pekerjaan di PT KAI kepada warga dengan membayar sejumlah uang," ujarnya, Senin (29/6/2020).

Pelaku mematok uang Rp 5 juta kepada korbannya agar bisa lolos menjadi pegawai PT KAI. Total setidaknya ada 6 orang warga yang diduga menjadi korban penipuan rekrutmen pegawai PT KAI abal-abal ini.

Baca Juga: Hakim Geram, Terdakwa Edy Mukti Terlambat di Persidangan

Arman menambahkan, tipu daya pelaku terungkap usai warga menagih janji untuk mempekerjakan di PT KAI tak kunjung terealisasi. Akhirnya warga pun mengamankan dan menginterogasi pelaku. Dari situlah terungkap pelaku bukan merupakan anggota TNI.

Untuk meyakinkan calon korbannya, setiap kali bertemu pelaku menggunakan kaos doreng lengkap dengan celana dan sepatu tactical serta handy talkie. Selain itu, pelaku juga berpenampilan khas layaknya seorang anggota TNI yakni berambut cepak. 

 

Baca Juga: Gadis Penipu Tiket Konser Coldplay Rp 5,1 M, Dihukum 3 Tahun

 

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU