•   Minggu, 15 Desember 2019
TapalKuda

Tingkatkan Kesadarkan Hukum dengan Bakti Sosial

( words)
Kapolres Jember bersama Dandim 0824 dalam Acara Baksos dan Hukum Polres Jember. (SP/ANDIK)


SURABAYAPAGI.com, Jember – Dalam rangka menumbuhkan kesadaran tentang hukum, Polres Jember menggelar acara bakti sosial dan penyuluhan atau sosialisasi hukum. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Ungkalan, Desa Sabrang, Kec. Ambulu, Kamis (01/03/2018).
Acara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH dihadiri oleh DANDIM 0824, ADM. Perhutani, Anggota DPRD, Muspida Jember antara lain Asisten 1, Camat Ambulu, Kepala Desa Sabrang dan masyarakat Dusun Ungkalan.
Meskipun dengan melewati jembatan darurat dan jarak tempuh kurang lebih 2 km yang tidak bisa di lalui dengan kendaraan roda empat, Kapolres AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH. beserta muspida tidak patah semangat.Kapolrespun menggunakan kendaraan roda dua (trail) dan melewati hutan jati milik Perhutani.
Penyuluhan hukum ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan budaya hukum disemua lapisan masyarakat terutama bertujuan untuk mewujudkan persepsi pengetahuan tentang pelaksanaan tugas kewajiban Aparatur Pemerintah dalam hal ini Kepolisian dengan masyarakat.
Persamaan persepsi tentang Administrasi Pemerintahan wajib diketahui oleh masyarakat umum. Mengingat tidak hanya peraturan pemerintah akan tetapi juga terdapat pengetahuan hukum pidana wajib di dalamnya.
Kapolres menganggap penyuluhan hukum dinilai sangat efektif sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi agar masyarakat memiliki pemahaman dan pengetahuan yang memadai terhadap peraturan yang berlaku di daerahnya.
"Mereka perlu memahami beberapa mekanisme dan penjelasan tentang hukum. Karena Dusun Ungkalan, Desa Sabrang ini wilayahnya ada di tengah hutan jati jadi jangan sampai warganya melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang berkaitan dengan hutan seperti ilegal logging,” tegas AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH.
Acara sosialisasi hukum tindak pidana kehutanan diakhiri dengan pembagian bantuan sosial kepada sejumlah 200 masyarakat Dusun Ungkalan. Pemberian bantuan sosial secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH.ndik

Berita Populer