Tingkatkan Greenmetric, Undika Kembangkan Teknologi Lingkungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Jan 2021 17:42 WIB

Tingkatkan Greenmetric, Undika Kembangkan Teknologi Lingkungan

i

Pengunjung menscan barcode sepeda motor listrik Migo Surabaya di Kampus Universitas Dinamika Surabaya, Rabu (13/1). SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI, Surabaya - Universitas Dinamika (Undika) dalam upaya meningkatkan greenmetric dan kampus ramah lingkungan, dengan menyediakan penyewaan Migo bagi masyarakat umum dan internal Undika. Sepeda motor listrik ini mulai beroperasikan pada Januari 2021.

“Kami sudah kerjasama dengan Migo Surabaya sejak Desember 2020 lalu,” kata Kepala Bagian Public Relation Undika, Ryan Adi Djauhari. Rabu (13/1).

Baca Juga: Asesmen Berbasis HOTS BisaTingkatkan Kreativitas Pelajar

Saat ini di kampus yang dulu bernama STIKOM Surabaya menyediakan 10 sepeda motor listrik. Masyarakat sudah bisa menyewa atau mengembalikan Migo Bike dari Migo Station sebelumnya. 

Selain menyediakan sepeda listrik ramah lingkungan, Undika juga memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di lingkungan kampus. Salah satunya dengan menambah kebun di samping Gedung Serba Guna. 

“Kami menamainya Eksotis Garden, yakni kebun yang berisi tanaman-tanaman unik seperti Anggrek, Kaktus, Sukulen, Philodendron,”imbuhnya.

Terdapat dua kebun meliputi Eksotis Garden dengan luasan 50 meter kubik dan Kebun Bibit untuk pembibitan dengan luas 45 meter kubik. 

Baca Juga: Sambut Dies Natalis ke 38, Undika Gelar Webinar

Ryan menjelaskan agar RTH ini terus terjaga serta ada rasa memiliki dari karyawan dan mahasiswa, pihak kampus membuat program baru. Salah satunya agar setiap warga memberikan tanaman dari rumah untuk ditanam di kebun-kebun kampus. 

Tingkatkan_Greenmetric_-_Patrik__(3)Tingkatkan_Greenmetric_-_Patrik__(3)

Dalam perkembangan teknologi lingkungan, Undika melalui berbagai prodi juga fokus dalam inovasi dan teknologi, seperti alat siram otomatis, kendaraan ramah lingkungan dan masih banyak lagi yang akan dikerjakan di tahun 2021 ini.

Baca Juga: Staff Undika Mengisi Masa PSBB Luncurkan Buku Tentang Hikmah Covid-19

Disamping itu, salah satu karyawan Undika, Choirul Anam telah mencoba menggunakan layanan Migo Bike yang disediakan oleh Undika. “Kemarin coba naik Migo pas makan siang, lumayanlah sebagai salah satu bentuk kontribusi saya pada program kampus ramah lingkungan”, ungkapnya.

Ia juga menyarankan kepada teman-teman mahasiswa menggunakan layanan Migo Bike nanti saat perkuliahan sudah kembali normal. “Kemarin sudah share juga ke mahasiswa, ada layanan Migo Bike di Undika,” lanjutnya. Ia berharap baik mahasiswa, staff karyawan internal ataupun masyarakat luas nantinya bisa memanfaatkan layanan Migo Bike ini hanya untuk sekedar jalan-jalan ataupun menuju tempat tujuan yang dekat. Pat

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU