•   Minggu, 5 April 2020
KONI Jatim

Tim Bola Tangan Jatim Lolos PON XX PAPUA 2020

( words)
Tim Bola tangan putra Jatim lolos setelah menempati posisi kelima dalam Pra PON XX Papua 2020 yang digelar di Purwokerto 20-24 Oktober 2019. SP/sry


SURABAYAPAGI.com - Pra PON XX PAPUA 2020 di Purwokerto telah memberikan kesempatan kepada tim bola tangan Jawa Timur baik putra dan putri.

Keduannya berhasil mendapatkan tiket PON XX PAPUA 2020 dengan masing-masing perolehan pringkat untuk tim putra menempati urutan kelima, dan tim putri menempati peringkat ketiga atau mendapat perunggu.

Perolehan tersebut masih belum memenuhi target KONI Jatim yang menginginkan peringkat pertama dan kedua. Namun, kedua tim telah sukses bertanding dengan predikat cukup memuaskan.

Pelatih Bola Tangan Jatim, Muhamad Harryanto, menyampaikan, pihaknya meminta maaf karena tim asuhannya tak dapat merealisasikan target dari KONI Jatim.

"Terimakasih kepada KONIJawa Timur yang sudah mendukung kami sampai saat ini serta Pengprov ABTI Jatim. Mohon maaf kami belum bisa mencapai target finalis," kata Muhamad Harryanto.

Meski tak sesuai target, ia menilai penampilan tim putra sudah semakin meningkat tiap waktu, sehingga optimis dapat meraih hasil memuaskan saatPON XX Papua 2020 mendatang.

"Tim putra semakin luar biasa performanya, mereka disiplin saat bertahan dan efektif saat menyerang. Hasil yang ada memang belum sesuai harapan, karena kami targetnya dibebani untuk bisa tampil sebagai finalis. Kami hanya kurang beruntung di fase grup saat melawan Kaltim, sehingga hanya sebagai runner-up seperti halnya yg di alami tim Jabar Putri," jelasnya.

Sementara itu, Tim putri bola tangan Jatim sempat alami drama di babak semi final yang menguras tenaga dan emosi dengan ketertinggalan skor saat beberapa pemain kunci memperoleh hukuman dikeluarkan selama 2 menit.

Akhirnya, di babak semifinal tim putri Bola TanganJatim kalah 10-5 dari Kalimantan Timur. Dengan hasil tersebutJatim harus puas berada dipodium ketiga.

Terlepas dari drama di babak semi final yang menguras tenaga dan emosi, Harry menilai tim asuhannya memiliki mental bertanding yang bagus, sehingga menjadi modal berharga untuk berlaga di PON XX Papua 2020.

Selain itu Ainul Ghurri Sekretaris Umum Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Jatim menuturkan, meski tak sesuai target namun pihak ABTI tetap mengapresiasi kerja keras para pemain dan tim pelatih.

"Kami sangat mengapresiasi hasil perjuangan anak-anak, tim putri meraih peringkat ketiga dan tim putra menyusul lolos diperingkat kelima, merupakan sesuatu yang sangat membanggakan. Patut kami apresiasi dan jaga serta tingkatkan agar dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi di event berikutnya," ujar Ainul Ghurri.

Berita Populer