Tidak Ada Pilihan Lagi, Apindo Minta Masyarakat Realistis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 02 Jun 2020 12:12 WIB

Tidak Ada Pilihan Lagi, Apindo Minta Masyarakat Realistis

i

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. SP/PSDR

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Sebagai bentuk melangsungkan kebijakan New Normal, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani meminta masyarakat untuk Ikhtiar menjalankan roda perekonomian di tengah Covid-19 mengingat keterbatasan keuangan negara serta keterbatasan cadangan dana pada perusahaan sektor riil.

"Tidak ada pilihan lagi, kita harus realistis untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 sampai vaksin ditemukan atau terjadi herd immunity dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ucap Hariyadi diskusi daring di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Baca Juga: BSI Dorong Pertumbuhan Bisnis di Tengah Ketidakpastian Ekonomi

Pria yang juga menjabat Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) ini meyakini permintaan pasar akan mengikuti setelah terjadi kegiatan perekonomian.

"Kita (pengusaha) itu kebanyakan akhir Juni ini kesulitan cash flow. Selebihnya sudah tidak bisa bertahan lagi. Kalau mereka mau digerakkan lagi itu butuh modal kerja," ucap Hariyadi.

Baca Juga: TOMORO COFFEE Perluas Bisnis ke Berbagai Negara Asia Melalui Peluncuran Master S.O.E. Series

Hariyadi berharap pemerintah bersama OJK agar membantu para pengusaha untuk memberi tambahan modal kerja sebelum memasuki fase new normal.

Dia memandang stimulus modal kerja perlu diberikan untuk semua sektor usaha, tidak hanya industri BUMN namun untuk seluruh lini, produksi, dan penjualan. Hal ini dikarenakan produk manufaktur tidak dapat dikomersialkan tanpa penjualan.

Baca Juga: Dibalik Kesuksesan Bisnis Gibran, Beberapa Bisnis Besutannya Gulung Tikar

"Dunia usaha memerlukan tambahan modal kerja jangka waktu satu tahun karena selama pademi Covid-19 telah terjadi defisit cash flow," tuturnya.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU