Terobosan Kapolres Gresik, Ambil Smart SIM Cukup ke Polsek

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo kembali melakukan terobosan cukup brilian. Kali ini dia lakukan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Satlantas.

Bila selama ini pemohon Smart SIM harus berjam-jam mengantre di depan loket Satpas untuk mengambil SIM barunya, maka sekarang tidak perlu lagi.

Karena sejak Kamis (10/10), hari ini, mereka cukup datang ke polsek masing-masing untuk mengambilnya

"Pemohon SIM cukup menunjukkan spesimen SIM dan resi dari bank bisa langsung mengambil Smart SIM-nya di Mapolsek masing-masing. Jadi mereka tidak perlu lagi datang dan mengantre di sini (Satpas, red)," ujar AKBP Kusworo usai memimpin upacara peluncuran program Satgas Bhabinkamtibmas Delivery Smart SIM di Halaman Satlantas Polres Gresik.

Pembentukan satgas di masing-masing Polsek ini, menurut Kusworo, adalah untuk memangkas waktu antrian pengambilan SIM. Sehingga masyarakat yang ingin mengambil SIM tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Satpas.

Kebijakan pengambilan SIM pada Bhabinkamtibmas di Polsek jajaran ini merupakan terobosan baru yang belum ditemukan di Polres lain di wilayah Polda Jatim.

"Ini salah satu bentuk pelayanan prima kepada masyarakat. Memang anggota akan sedikit capai tapi saya sudah berpesan agar mereka menganggap pelayanan ini sebagai bagian dari ibadah," kata Kusworo sembari tersenyum.

Dampak dari terobosan ini, jumlah antrian pengambilan SIM di Satpas Randuagung berkurang secara signifikan. Penumpukan ini sendiri diakibatkan keterlambatan material Smart SIM dari Korlantas Polri. Pada kurun Juli - September lalu terjadi penumpukan sampai 15 ribu berkas permohonan SIM yang belum bisa dicetak.

"Mudah-mudahan dengan program Bhabinkamtibmas Delivery Smart SIM ini bisa bermanfaat dan memudahkan bagi masyarakat pemohon SIM. Insya Allah setiap hari ada 30 Smart SIM yang akan didistribusikan oleh Bhabinkamtibmas di masing-masing Polsek," terang mantan Kapolres Jember tersebut.

Bagi pemohon Smart SIM yang ingin mengetahui informasi seputar pengambilan SIM bisa mengakses melalui media sosial Polres Gresik atau website polresgresik.id.did