Tengkleng Kambing, Olahan Tepat Saat Idul Adha

Tengkleng Kambing ala Quest Hotel

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Idul Adha atau kerap disebut Hari Raya Kurban yang diperingati umat muslim tiap tahunnya selalu identik dengan daging hewan kurban yang dijadikan bermacam olahan masakan.

Terkait hal tersebut, Quest Hotel Darmo Surabaya berbagi salah satu resep yaitu Tengkleng Kambing yang merupakan sup khas kota Solo, berbahan dasar daging dan tulang kambing, dimasak bersama bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya.

Executive Chef Quest Hotel Darmo - Surabaya, Dolimin menjelaskan, menu tengkleng berasal dari masa penjajahan di Solo ketika banyak warga yang menggunakan sisa tulang dan jerohan yang tidak dimakan oleh para kaum bangsawan. "Dinamakan tengkleng karena masakan ini dulunya diletakkan di piring yang terbuat dari gebreng atau seng yang mengeluarkan bunyi ‘kleng, kleng, kleng’ sehingga tercetuslah nama makanan tersebut," katanya.

Menu tengkleng sudah turun-temurun, sering disajikan dalam acara keluarga. "Melalui demo memasak yang kami lakukan di Instagram, harapannya bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk acara kumpul keluarga," tambah Dolimin.indra